Tutorial

Cara Mudah Pindah Hosting di Domain yang Sama


Beberapa dari Anda mungkin penasaran dengan cara pindah hosting di domain yang sama dengan memindah NS. Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap bagaimana cara-cara dan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan. Mau tahu bagaimana langkah-langkahnya? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Pindah Hosting

Untuk melakukan pemindahan website dari hosting itu ada beberapa prosedural yang harus diikuti. Misalnya saja dari hosting lama ke hosting yang baru. Mau tahu seperti apa prosedurnya, simak selengkapnya.

  1. Pada Hosting Lama

    1.1 Untuk memindahkan hosting maka Anda bisa login terlebih dahulu ke cPanel (control panel) dari bes hosting lama milik Anda. Jika sudah, langsung saja masuk ke halaman File Manager dan pilih fame manager, serta masuk ke bagian directory penyimpanan website. Sebagai contoh adalah html_public/namadomain.com

    1.2 Setelah itu, silahkan lakukan compress di bagian wp-content dengan cara memilih menu compress yang berada di bagian kanan atas. Kemudian langkah selanjutnya adalah dengan memilih format menjadi zip dan klik download untuk menyimpannya ke dalam PC

    1.3 Jika sudah, langsung saja Anda kembali ke halaman utama dari cPanel. Langkah selanjutnya adalah memilih PhpMyAdmin klik database dari website lalu lakukan backup. Adapun caranya sendiri dengan memilih menu Export.

  2. Pada Register Domain

    Jika Anda saat melakukan restorasi domain di hosting yang lama terlebih dahulu, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke client area.  Pada tahapan ini adalah tahapan management domain ganti NS nameserver hosting ke nameserver hosting yang baru.

    Namun, jika reg di goodaddy/namecheap maka Anda bisa langsung masuk ke Account godaddy/namecheap saja. Sebagai contoh, Anda membuatnya di ns1. Hostinglama.com dan sedangkan di ns2.hostinglama.com dan diganti menjadi ns hosting baru.

  3. Pada Hosting Baru

    3.1 Langkah pertama yang harus Anda lakukan di hosting baru adalah dengan menambahkan nama domain di bagian belakang dari addon domains yang ada pada cPanel hosting baru Anda

    3.2 Setelah itu, silahkan instal website dengan menggunakan CMS WordPress yang baru seperti biasanya. Jika sudah, lakukan upload dan ganti wp-content dengan yang sudah tadi didownload menuju ke directory hosting yang baru

    3.3 Jika wp-content sudah diganti dengan yang baru, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan database yang sebelumnya sudah di-back up. Adapun caranya adalah dengan memilih menu PhpMyAdmin yang ada di cPanel. Lalu pilih database yang tadi sudah diinstal lalu drop. Jika sudah dihapus semua yang ada di tabel, maka klik menu import dan masukkan database yang lama

    3.4 Jika semuanya sudah diganti sesuai dengan produced di bagian w-config dan data base-nya. Maka langkah ini bisa dikatakan selesai dan bisa segera digunakan lagi.

Sebagai tambahan, pastikan bahwa saat Anda melakukan install WordPress yang baru jika name tabel prefix ini namanya harus sama dengan name table refix yang sebelumnya. Namun, jika Anda sudah terlanjur menginstalnya dan menggantinya dengan Wp Content dan database yang lama. Maka yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke wp-config.php dan kemudian sesuaikan dengan nmae table prefixnya.

Bagaimana, bukankah mudah cara pindah hosting di domain yang sama dengan memindah NS? Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas sesuai dengan langkahnya agar tidak kebingungan. Semoga adanya informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang masih kebingungan tentang cara pindah hosting ya.

Tutorial
Cara Cek Saldo dan Pencairan BPJS Ketenagakerjaan [2020]
Tutorial
Ini Tips Diet Kenyang ala Dewi Hughes [+Menunya]
Tutorial
Download Dream League Soccer 2021 dan Fitur-fitur Serunya
There are currently no comments.