Tutorial

Panduan Lengkap Cara Registrasi Di LPSE DKI Jakarta


LPSE yang merupakan singkatan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik, adalah layanan pengelolaan teknologi informasi oleh pemerintah daerah untuk memfasilitasi pengadaan barang atau jasa secara elektronik. Secara sederhana, LPSE merupakan jembatan antara penyedia barang dan jasa yang ingin menawarkan produknya dengan pemerintah yang membutuhkan suatu barang atau jasa tertentu demi mendukung proses kerja pemerintah daerah.

Selain itu LPSE juga melayani registrasi penyedia barang dan jasa secara elektronik yang menjalankan usahanya pada wilayah LPSE yang bersangkutan. LPSE diatur dan dijalankan oleh LKPP, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di setiap daerah.

Bagi anda warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang ingin mengikuti tender atau lelang penyediaan barang dan jasa kepada pemerintah, anda harus melakukan pendaftaran akun pada LPSE terlebih dahulu.

Cara Registrasi Di LPSE DKI Jakarta

Pendaftaran hendaknya dilakukan pada LPSE di wilayah dimana perusahaan atau badan usaha anda menjalankan usahanya. Pendaftaran LPSE bisa dilakukan dengan dua cara, yakni online dan offline. Berikut penjelasan lengkapnya:

Pendaftaran LPSE Secara Online

Sebelum melakukan pendaftaran secara online, terlebih dahulu persiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan berikut ini:

  • Alamat email perusahaan yang masih aktif
  • Fotokopi KTP direksi, direktur, pemilik atau pejabat perusahaan
  • Kartu NPWP asli dan fotokopi yang namanya sesuai dengan nama pada KTP yang disertakan
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Surat Izin Jasa Konstruksi dan surat izin serupa yang sesuai dengan bidang usaha masing-masing asli dan fotokopi
  • Tanda Daftar Perusahaan asli dan fotokopi
  • Surat Keterangan Domisili Usaha asli dan fotokopi
  • Akta Pendirian Perusahaan asli dan fotokopi
  • Bagi perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) wajib melampirkan pengesahan akta yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum Dan HAM asli dan fotokopi
  • Print formulir keikutsertaan yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai
  • Print formulir pendaftaran yang diperoleh dari pendaftaran online yang akan dijelaskan di bawah

Setelah berkas-berkas tersebut di atas siap, ikuti panduan berikut untuk melakukan proses pendaftaran pada LPSE:

  1. Buka web LPSE

    Buka website LPSE DKI Jakarta di lpse.jakarta.go.id

  2. Daftarkan Perusahaan Anda

    Klik pada bagian kanan atas ‘Pendaftaran Penyedia’ lalu ketikkan email perusahaan anda dan kode keamanan yang tertera pada layar

  3. Konfirmasi Akun LPSE via Email

    Login menggunakan akun email yang Anda gunakan saat mendaftar. Anda akan menerima email konfirmasi dari LPSE kemudian klik ‘Konfirmasi’

  4. Isi identitas perusahaan secara lengkap

    Setelahnya, Anda akan masuk kembali ke halaman website LPSE, dan silahkan isikan secara lengkap identitas perusahaan Anda, setelah selesai klik ‘Mendaftar’ pada bagian bawah

  5. Bawa berkas perusahaan ke Kantor LPSE DKI Jakarta

    Bawa berkas-berkas yang sudah disiapkan ke kantor LPSE yang beralamat di Jln. Kebon Sirih No. 18 Balaikota Blok H Lantai 19, Gambir, Jakarta Pusat. Setelah proses verifikasi selesai, anda akan menerima pemberitahuan melalui email dan akun LPSE anda sudah bisa digunakan untuk mengikuti tender atau lelang di LPSE.

Pendaftaran LPSE Secara Offline

Pendaftaran secara offline di lakukan pada kantor LPSE DKI Jakarta yang beralamat di Jln. Kebon Sirih No. 18 Balaikota Blok H Lantai 19, Gambir, Jakarta Pusat. Pendaftaran ini harus dilakukan langsung oleh pimpinan perusahaan atau pejabat perusahaan yang dikuasakan. Berkas-berkas yang harus dipersiapkan untuk melakukan pendaftaran secara offline di kantor LPSE DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP direksi, direktur, pemilik atau pejabat perusahaan
  • Fotokopi NPWP yang namanya sesuai dengan KTP yang disertakan
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Surat Izin Jasa Konstruksi dan surat izin serupa yang sesuai dengan bidang usaha masing-masing
  • Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Formulir pendaftaran dan formulir keikutsertaan yang diperoleh dari pendaftaran online atau petugas LPSE yang telah diunduh, di-print, diisi lengkap dan ditandatangani di atas materai

Masukkan berkas-berkas tersebut dalam sebuah amplop tertutup, dan juga berkas-berkas asli pada amplop yang berbeda. Serahkan kedua amplop tersebut untuk proses verifikasi. Berkas fotokopi akan disimpan oleh LPSE dan berkas asli akan dikembalikan kepada pendaftar.

Sampai disini. anda hanya tinggal menunggu proses verifikasi dan jika disetujui anda akan mendapatkan notifikasi melalui email. 

Demikian panduan cara registrasi di LPSE wilayah DKI Jakarta. Panduan tersebut secara umum bisa digunakan sebagai panduan mendaftar akun LPSE di wilayah lain di seluruh Indonesia. Perbedaanya terletak pada website LPSE yang berbeda-beda setiap daerahnya, dan alamat kantor LPSE di setiap wilayah tersebut. 

Satu akun LPSE bisa digunakan untuk mengikuti lelang atau tender penyediaan barang dan jasa di seluruh wilayah Indonesia. Jadi ketika anda melakukan pendaftaran pada LPSE di wilayah DKI Jakarta, anda bisa mengikuti lelang atau tender penyedia barang dan jasa pada LPSE di wilayah yang lainnya, misalnya Surabaya. Anda hanya perlu membuka website LPSE wilayah Surabaya, melakukan login seperti biasa dan mengikuti tender atau lelang di dalamnya.

ilustrasi kota jakarta dan pengadaan barang LPSE
Ilustrasi kota DKI Jakarta dan pengadaan barang di LPSE

Catatan

Pendaftaran akun LPSE gratis dan tidak dikenakan biaya apapun. Jadi berhati-hati dan laporkan kepada petugas yang berwenang jika selama proses pendaftaran LPSE anda diminta melakukan suatu pembayaran tertentu. Jika anda memiliki pertanyaan terkait proses pendaftaran, bahkan terkait proses lelang di LPSE silahkan datang secara langsung ke kantor LPSE atau menghubungi kontak LPSE di nomor (021) 3823256 untuk mendapatkan informasi yang benar dan lengkap.

Pengadaan barang dan jasa secara elektronik meningkatkan transparansi oleh pemerintah dan akuntabilitas, lebih efisien dalam proses pengadaan barang dan jasa, lebih mudah untuk menyentuh pasar, pemerintah lebih mudah untuk melakukan monitoring, pemerintah lebih mudah untuk mendapatkan penawaran terbaik, serta mampu memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa secara lebih cepat dan real time.

Tutorial
5 Tips Agar Tidak Tersesat di Indonesia Saat Traveling
Tutorial
Syarat dan Formulir Pengukuhan untuk SP PKP 2020 [PDF]
Tutorial
[Panduan Lengkap] Cara Cek IMEI di Situs Resmi Kemenperin
There are currently no comments.