Produk Bisnis

Yuk Kenalan dengan Ayam Kodok Surabaya dari Resep Lily


Pernah mencoba hidangan ayam kodok? Apa yang pertama kali terlintas setelah mendengar nama masakan yang satu ini? Ternyata, ayam kodok tidak mengandung unsur kodok sebagai bahan dasarnya.

Dagingnya yang diolah sedemikian rupa meninggalkan tekstur yang lembut ketika sudah masuk ke dalam mulut. Oleh sebab itu, ada baiknya kalau Anda mengenal ayam kodok lebih jauh, sebelum bisa mencobanya untuk kali pertama.

ayam kodok resep lily surabaya
ayam kodok resep lily surabaya

Asal Usul Ayam Kodok

Banyak perkiraan jika ayam kodok sendiri berasal dari kebudayaan barat dengan hidangan aslinya yang disebut chicken ballotine. Maka, tidak heran kalau ayam kodok sendiri lebih banyak disajikan pada acara Natal maupun acara penting yang sejenis.

Alasan lain yang mendasari ayam kodok sebagai hidangan musiman karena pembuatannya yang cenderung rumit. Makanan yang rumit kurang cocok apabila disajikan sehari-hari dan terasa sangat istimewa ketika disantap pada momen-momen tertentu.

Ciri Khas Ayam Kodok

1. Bentuk Makanan

Kalau dilihat dari bentuknya, ayam kodok dibuat dari ayam yang dikreasikan menjadi bentuk kodok. Tulang dan daging ayam utuh ini kemudian dikeluarkan, namun kulitnya tidak boleh rusak.

Pengeluarannya harus pelan dan hati-hati. Supaya bentuknya tetap seperti ayam, paha bawah sekaligus sayapnya tidak perlu dipotong. Kulit ayam utuh harus bisa tetap berada pada bentuknya yang sempurna.

2. Isian Ayam Kodok

Daging ayam yang sudah dikeluarkan segera dicincang kemudian dicampur bersama dengan kentang tumbuk rebus, daging sapi, roti tawar, maupun bumbu-bumbu khusus ayam kodok. Proses masak ini akan menghasilkan isian yang sedap dan penuh rasa lezat.

Olahan ini dimasukkan kembali ke dalam kulit sampai berbentuk ayam utuh seperti semula. Umumnya, Anda juga menemukan telur rebus sebagai isian tambahan supaya lebih gemuk dan segar. Telur rebus bisa diiris dulu menjadi 2 atau 3 bagian sebelum dimasukkan.

foto pesanan ayam kodok dari resep Lily
Foto pesanan ayam kodok dari resep Lily

Catering Ayam Kodok Spesial Surabaya

Resep Lily merupakan usaha catering home made yang mengedepankan cita rasa khas masakan rumah dengan bumbu spesial. Menerima pesanan siomay, dimsum, ayam kodok, dan kue basah lainnya.

Media sosial: Instagram.com/resep_lily/
Contact person: 081280289008 / 0818317743

3. Teknik Memasak

Sayatan pada kulit yang sudah diisi harus dijahit sampai rapat supaya tidak ada yang tumpah. Ayam kodok ini dikukus terlebih dahulu kemudian dipanggang sampai matang dan berwarna kecoklatan. Kematangannya harus sempurna, didukung dengan bentuk visual yang tetap cantik.

4. Penyajian

Wortel, sayuran rebus, serta saus coklat yang agak manis akan melengkapi hidangan ayam kodok yang siap disantap bersama-sama. Setelah dipotong-potong menjadi beberapa bagian, Anda akan melihat tekstur bagian dalam yang lembut dan padat berisi.

Ayam kodok termasuk ke dalam salah satu makanan yang penyajiannya dikhususkan untuk acara-acara tertentu. Hidangan mewah ini mampu melengkapi meja makan dengan rasanya yang lezat.

Cara Menguliti Ayam Kodok

Dalam tahapan memasak ayam kodok, nyatanya menguliti dan mengeluarkan isinya menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Ketika memasak ayam kodok sendiri, Anda bisa mempraktikkan cara menguliti ayam sebagai berikut:

  • Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya gunakan ayam negeri. Jenis ayam ini memang lebih mudah dikupas kulitnya.
  • Gunakan beberapa alat yang dibutuhkan, antara lain talenan, pisau kecil, serta nampan.
  • Ayam negeri harus berbobot 2 Kilogram karena dalam penjahitannya Anda harus belajar terlebih dahulu dengan yang sifatnya tebal. Umumnya, ayam 1 Kilogram cukup untuk mereka yang sudah terbiasa memasak ayam kodok.
  • Potong bagian kepala dan leher kemudian sisihkan. Segera kuliti ayam yang sudah dipisah dengan bagian lainnya.
  • Letakkan ayam dengan bagian dada menghadap ke atas. Dada dikuliti terlebih dahulu karena lebih strategis dan mudah dikuliti.
  • Masukkan jari telunjuk ke dalam kulit ayam dengan mencari dan menyobek selaput antara daging dan kulit.
  • Telunjuk digerakkan ke kanan ke kiri sampai terasa menyentuh bagian paling bawahnya. Jalan yang sudah terbuka dilanjutkan dengan memasukkan jari tengah dan jari manis.
  • Selanjutnya, sayap dikuliti dengan dipatahkan terlebih dahulu.
  • Saatnya membalik ayam untuk menguliti bagian punggungnya. Caranya persis dengan dada, namun perlu tenaga lebih karena teksturnya lebih lengket.
  • Kulit dari leher ke ekor bisa dilepas. Kaki sudah bisa dikuliti, namun lebih baik dipotong apabila terasa keras. Ekor juga ikut dipotong.
  • Hasil pengulitan bisa dilebarkan. Jarum sulam dan jarum kain disiapkan untuk menjahit kulit ayam. Gunakan benang yang warnanya berbeda daripada kulit ayam.
  • Jahitan dengan tusuk jelujur bisa dimulai pada bagian sobek atau terlihat berlubang.
  • Bila sudah, ayam bisa disimpan atau dipakai untuk mengolah ayam kodok.

Membuat ayam kodok sendiri memang terasa merepotkan dan butuh pengalaman ekstra. Namun, Anda juga bisa menyiapkan ayam kodok dengan cara yang lebih praktis, yaitu dengan memesannya lewat Resep Lily. Sebagai salah satu catering terbaik di Surabaya, Resep Lily mampu menyajikan ayam kodok dengan cita rasa khas Nusantara dan sudah pasti rasanya juara.

Produk Bisnis
Manfaat Pasta Gigi Sasha, Produk Halal dari Kino
Produk Bisnis
Daftar Harga Paket Umroh Terbaru 2019-2020
Produk Bisnis
Jenis – Jenis Box Subwoofer, Pilih Sesuai dengan Selera Anda!
There are currently no comments.