Bandung

Rumah: Pilihan Investasi yang Tepat untuk Milenial

Apakah kamu termasuk generasi milenial? Menurut survei yang dilakukan di 17 negara oleh Legg Mason Global Invesment Survey di...

· 2 min read >
E-Brochure Padmagriya Cluster_Page_1

Apakah kamu termasuk generasi milenial? Menurut survei yang dilakukan di 17 negara oleh Legg Mason Global Invesment Survey di tahun 2017, yang disebut generasi milenial adalah mereka yang lahir di antara tahun 1982 – 2000.

Kaum milenial ini dikatakan sebagai generasi yang paling akrab dengan teknologi, berbagi pengalaman di media sosial dan bergaul. Maka gaya hidup mereka pun tak jauh dari hal-hal seperti traveling, nongkrong di kafe, atau belanja gadget terbaru. Tanpa mereka sadari, gaya hidup yang boros seperti ini akan membuat mereka kesulitan finansial di masa depan.

Selain menyukai hal-hal tadi, kaum milenial adalah mereka menginginkan gaya hidup yang nyaman walaupun penghasilan pas-pasan. Lalu, bagaimana mewujudkan hidup yang nyaman di masa depan?

Menurut Presdir Bahana TCW Invesment Management, Edward Lubis, kaum milenial harus bisa menyisihkan pendapatan mereka, dan itu harus dijadikan sebagai gaya hidup. Sebaiknya gaya hidup ini dilakukan sejak dini agar bisa menikmati hasilnya saat menghadapi masa pensiun.

Menyisihkan pendapatan untuk ditabung lebih cocok untuk pemenuhan kebutuhan jangka pendek. Namun, untuk kebutuhan jangka panjang, agar tetap bisa mempertahankan gaya hidup yang nyaman, kaum milenial butuh untuk melakukan investasi.

Sejatinya investasi adalah menunda komsumsi saat ini agar dapat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa menikmati konsumsi di waktu yang akan datang. Hasil investasi yang paling baik adalah yang dapat dinikmati dalam jangka panjang.

Berapa Besaran Pengeluaran yang Ideal untuk Investasi?

Bagi kaum milenial, investasi terbaik layaknya dilakukan secara berkala, dengan besaran nominal berapa pun, tetapi dilakukan sejak sedini mungkin.

Idealnya, untuk berinvestasi, kaum milenial menyisihkan 10% dana dari pengeluaran mereka. Jika masih lajang, mereka seharusnya bisa menyisihkan hingga 15% dari penghasilan untuk investasi.

Pemilihan Aset Investasi

Pemilihan aset investasi menentukan untuk kesuksesan dalam berinvestasi saat masih muda. Untuk jangka pendek, kaum milenial bisa memilih aset yang konservatif, contohnya emas atau tabungan. Sedangkan  untuk jangka panjang, kaum milenial disarankan untuk memilih aset yang bisa memberikan imbal hasil yang dapat melebihi inflasi tahunan. Contoh investasi jangka panjang adalah reksa dana yang berbasis saham atau properti dalam bentuk rumah.

Menurut Joko Suranto, Kedua DPD Real Estate Indonesia, rumah merupakan kebutuhan pokok dan bisa menjadi pilihan alternatif untuk investasi yang menguntungkan.

Joko juga menyebutkan bahwa harga rumah itu akan terus meningkat tiap tahunnya dengan jumlah kenaikan yang melebihi inflasi.

Menurut Ignatius Untung, Country Manager Rumah123, ada baiknya jika para milenial membeli properti sekarang karena jika terus ditunda para milenial harus bersiap untuk kehilangan sekitar 4 – 8 % ukuran properti yang dapat dibeli tiap tahunnya. Untung menyebutkan bahwa tidak ada istilah tidak bisa membeli properti jika masih mendapatkan gaji per bulan apalagi dengan  asumsi bahwa gaji naik sebesar 10% setiap tahun.

Jika membandingkan biaya untuk sewa rumah dengan biaya untuk mencicil rumah ternyata jumlahnya tidak terlampau jauh beda.

Jadi, pilih investasi jangka panjang yang menguntungkan, yaitu investasi dalam bentuk rumah.

Tipe Rumah Pilihan Kaum Milenial

Umumnya kaum milenial menyukai hal yang simpel dan ini juga berlaku dalam hal memilih rumah. Mereka lebih menyukai rumah yang tidak terlalu besar dengan desain interiornya juga simpel agar tak perlu repot saat bersih-bersih.

Karena internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi warga milenial, maka mereka juga menginginkan perumahan yang dilengkapi dengan fasilitas internet yang cepat. Faktor lain yang juga menjadi perhatian kawula muda ini dalam memilih hunian adalah kesehatan lingkungan juga keamanan yang dapat diandalkan.

Anak muda sekarang sudah mulai peduli dengan kesehatan maka mereka menginginkan hunian yang bisa mendukung gaya hidup sehat mereka. Hunian yang dicari tentunya yang memiliki fasilitas untuk kesehatan. Contoh yang paling sederhana adalah hunian yang memiliki jalur untuk lari atau  bersepeda. Selain itu, mereka menginginkan lingkungan yang asri dengan pepohonan rindang agar dapat menghirup udara yang bersih.

Adakah Rumah yang Terjangkau untuk Kaum Milenial?

padmagriya podomoro park
Cluster Padmagriya Podmoro Park Bandung

Tentu ada. Memahami bahwa faktor budget ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam membuat keputusan untuk membeli rumah, PODOMORO PARK menciptakan produk hunian yang cocok dengan penghasilan para milenial.

PODOMORO PARK kini memiliki produk yang pas untuk kawula muda, yaitu CLUSTER PADMAGRIYA. Terletak di kawasan PODOMORO PARK yang berada di wilayah Bandung Selatan, dengan lokasi yang cukup strategis karena hanya 2KM letaknya dari exit tol Buah batu juga 9KM dari bangunan legendaris, Gedung Sate Bandung, membuat lokasi ini cocok untuk menjadi hunian pilihan kaum milenial yang perlu bergerak cepat.

CLUSTER PADMAGRIYA juga memiliki desain hunian dengan gaya modern minimalis yang merupakan selera anak muda, tetapi tetap dilengkapi dengan semua fasilitas pendukung untuk gaya hidup nyaman, seperti keamanan dan kesehatan.

Untuk produk ini, harga yang ditawarkan dimulai dari 800 jutaan saja dan para milenial sudah bisa memilih rumah gaya minimalis tipe Asoka atau Ayana. Kedua produk ini terletak di kawasan asri dan tenang lengkap dengan danau, collective garden, jogging track, serta pemandangan Gunung Patuha dan Malabar yang mempesona. Semuanya lengkap tersaji dengan harga yang terjangkau oleh budget para milenial.

Jadi, tak ada alasan lagi bagi kaum milenial untuk tidak berinvestasi properti. Segera miliki hunian ideal ini. Jangan ditunda lagi.

Written by Editorial Staff
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *