Tutorial

Cara Absen di Sikep Mahkamah Agung dan Panduan Registrasinya


Saat ini, modul presensi online yang berlaku untuk Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah SIKEP versi 3.1.0. Fungsi utama dari aplikasi SIKEP ini adalah sebagai sistem pengecekan kehadiran untuk semua pegawai MA baik yang bekerja dari rumah (work from home), maupun pegawai yang melaksanakan tugas di kantor (work from office).

Dengan adanya aplikasi SIKEP MARI (Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung Republik Indonesia) ini, sistem presensi pegawai dapat dilakukan seara online selama pandemi COVID-19 masih berlangsung. Modul presensi SIKEP akan aktif secara otomatis pagi hari pukul 06.00-09.00 dan untuk sore hari aktif pada pukul 16.00-20.00 waktu setempat.

Cara Absen dan Registrasi SIKEP MA

Tidak sulit untuk bisa mengakses portal Sikep versi 3.1.0 selama Anda sudah terdaftar pada data pegawai Mahkamah Agung. Berikut langkah-langkah cara mengisi presensi di SIKEP versi terbaru:

  1. Buka sikep.mahkamahagung.go.id

    Buka situs sikep.mahkamahagung.go.id, masukkan nomor induk pegawai (NIP) atau Nomor Registrasi Pokok (NRP) Anda. Jika akun yang Anda masukkan benar, maka Anda dapat langsung melakukan presensi pada menu yang terdapat dalam dasbor akun Anda.

    Isi Akun Sikep

  2. Lakukan presensi online

    Lakukan absen pada menu sidebar bagian atas yang bertuliskan “Presensi Online“. Setelahnya, akan muncul data pegawai akun Anda. Pilih Status Presensi yang ingin Anda isi. Klik opsi Masuk Kantor jika Anda bekerja langsung dari kantor (WFO) atau pilih Tidak Masuk Kantor jika Anda sedang tidak ke kantor.

    Cara Absen Di Sikep Mari

  3. Berikan keterangan tidak masuk kantor

    Jika Anda tidak bekerja langsung dari kantor, maka Anda perlu mengisi opsi pada bagian keterangan. Pilih sesuai kondisi mengapa Anda tidak masuk kantor seperti WFH, sakit, dinas luar, cuti dan sebagainya.

    Isi Status Presensi

  4. Klik lupa akun untuk registrasi SIKEP MARI

    Jika Anda belum memiliki akun Sikep atau lupa akun untuk login, Anda bisa melakukan langkah berikut. Klik di menu lupa akun pada bagian bawah form, lalu setelah muncul form isian, masukkan nomor ponsel atau email Anda yang sudah terdaftar pada data pegawai Mahkamah Agung. Setelah terisi, klik Reset Kata Sandi.

    Lupa Akun Sikep

  5. Cek email atau sms

    Periksa email dan nomor ponsel yang Anda masukkan, lalu salin detail akun yang diberikan melalui sms atau email dari aplikasi SIKEP Mahkamah Agung. Selanjutnya, gunakan akun dan password tersebut untuk login sesuai tahapan nomor 1 maka Anda akan dapat masuk ke dasbor akun SIKEP MARI untuk melakukan login.

Itulah 5 langkah mudah untuk masuk ke dalam aplikasi Sikep Mahkamah Agung. Lewat portal ini pula, Anda dapat mengubah profil pegawai, melihat putusan, serta mengetahui berita terkini terkait info kepegawaian dari pihak Mahkamah Agung.

Aplikasi Sikep Mahkamah Agung APK untuk Android

Saat ini, berdasarkan penulusuran penulis, belum tersedia aplikasi Sikep v3 yang resmi dikeluarkan oleh Mahkamah Agung baik untuk aplikasi android maupun iOS. Jadi, sebaiknya setiap pegawai melakukan presensi secara online pada alamat resmi yang telah diberikan diatas.

Namun, ada ada satu aplikasi Sikep Mahkamah Agung v3.1.0 yang bisa dijalankan di aplikasi Android. Tautan untuk mengunduh aplikasi SIKEP MARI terbaru dapat diunduh pada materi berikut ini:

Adanya pandemi Covid-19 memang cukup mengubah gaya hidup serta tata cara kerja profesional saat ini. Oleh karenanya, kita harus dapat menyesuaikan dengan kondisi yang sebagian besar menuntut untuk bisa dilakukan secara daring. Namun jangan lupa, kewaspadaan serta keamanan saat melakukan aktivitas jarak jauh juga harus tetap diperhatikan agar akun atau data Anda tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Tutorial
Cara Memilih Sirkulasi Kolam Renang yang Ideal
Tutorial
Download Dream League Soccer 2021 dan Fitur-fitur Serunya
Tutorial
Ini 2 Rekomendasi Teknik Mencukur di Barbershop
There are currently no comments.