Berita

Solusi iPhone Dinonaktifkan dan Sambungkan ke iTunes


Bagi pemilik iPhone, mungkin Anda pernah mengalami masalah ketika perangkat Anda dinonaktifkan, muncul layar perintah untuk disambungkan ke iTunes. Layar tersebut merupakan salah satu perintah untuk melakukan pemulihan.

Untuk orang awam, tentu akan merasa bingung dengan kondisi iPhone yang seperti ini. Sebab, ketika sudah muncu layar seperti ini, maka iPhone tidak dapat dioperasikan. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi layar perintah pulihkan ini?

Solusi iPhone Dinonaktifkan dan Sambungkan ke iTunes

Apabila muncul masalah pulihkan sebagaimana sambungkan ke iTunes pada iPhone, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar iPhone dapat kembali normal, di antaranya:

Memulai Ulang iPhone

Memulai ulang perangkat Anda dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah pulihkan pada iPhone. Untuk memulai ulang perangkat, ada beberapa perbedaan antara model iPhone satu dengan model iPhone lainnya.

Model iPhone 8 atau Lebih Baru

Tekan dan lepas tombol volume up dengan cepat, dilanjutkan dengan tekan dan lepas tombol volume down juga dengan cepat. Selanjutnya terus tekan tombol samping hingga muncul logo Apple. Maka iPhone akan memulai ulang sistem.

Model iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Pada model ini, Anda bisa memulai ulang perangkat dengan menekan terus tombol samping dan volume down secara bersamaan. Tekan dan tahan kedua tombol tersebut hingga muncul logo Apple.

Model iPhone 6s atau Lebih Lama

Anda bisa menekan tombol samping dan tombol utama secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul logo Apple. Dengna demikian, perangkat Anda akan dimulai ulang.

Menginstal Ulang iOS

Solusi lain untuk mengatasi masalah munculnya layar pulihkan, seperti sambungkan iTunes adalah dengan menginstal ulang perangkat lunak pada iPhone Anda. Cara ini bisa Anda gunakan jika cara memulai ulang perangkat Anda belum memberikan perubahan.

Setelah memulai ulang ternyata layar perintah pulihkan masih ada, maka Anda harus menginstal ulang iOS, yakni dengan cara:

  1. Install iTunes

    Sebelum memulai penginstalan ulang iOS, Anda harus terlebih dahulu menginstal iTunes pada PC Windows atau Mac Anda. Selain itu, iTunes yang diinstal juga harus merupakan versi terbaru. Sebab, jika tidak, maka proses pemulihan perangkat bisa berjalan tidak lancar.

  2. Sambungkan iPhone ke PC

    Setelah iTunes terinstal dengan baik dan benar, sambungkan perangkat iPhone ke komputer dengan menggunakan kabel penghubung. Setelah berhasil tersambung, maka pada layar komputer akan muncul pesan “Terjadi masalah dengan [perangkat Anda] yang harus diperbarui atau dipulihkan”.

  3. Jalankan Proses Pembaruan

    Setelah ada pesan, maka klik Perbarui, sehingga iOS akan diinstal ulang. Yang perlu Anda perhatikan, jangan klik Pulihkan, sebab, Anda telah mencoba memulihkan dengan cara pertama namun tetap tidak berhasil.

Bantuan Lain dari Dukungan Apple

Apabila dari beberapa cara pemulihan di atas masih tidak berhasil. Layar iPhone masih menunjukkan sambungkan iTunes atau semacamnya, Anda harus mendapatkan bantuan lainnya dari Pusat Bantuan Apple.

Sebab, bisa saja Anda mengalami masalah atau kesalahan pada saat pemulihan atau saat melakukan pembaruan. Bisa jadi tombol pada iPhone Anda juga tengah mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat memulai ulang perangkat dengan cara paksa.

Semua ini bisa Anda atasi dengan menghubungi dukungan atau pusat bantuan Apple. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan solusi atas permasalahan Anda, hingga akhirnya iPhone Anda bisa kembali digunakan dengan baik dan normal.

Berita
Ini Isi Dari Klausul ISO 14001 Versi Terbaru Tahun 2015
Berita
Apa Itu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) serta Fungsinya
Berita
Ini 7 Pulau Wisata Terbaik di Indonesia
There are currently no comments.