Otomotif

5 Spare Part Mobil Manual yang Harus Diganti Berkala


Banyak yang bilang mobil itu teman sejatinya para pria dan tidak bisa dipisahkan begitu saja. Saking cintanya pada mobil, beberapa orang bahkan rela belajar merawat spare part mobil mulai dari tipe manual hingga mobil matic.  Alasannya sangat beragam, mulai dari penghematan, hobi atau sekedar menghabiskan waktu luang.  

Pada dasarnya belajar merawat spare partmobil manual itu hampir sama dengan mobil matic. Asal tahu ilmu dan prosesnya, dijamin mobil akan terawat dan awet. Masalahnya hingga sampai saat ini, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara kerja mobil manual? Atau apa saja kelebihan yang dimiliki dari mobil manual? 

Keuntungan Memilih Mobil Manual

Saat Anda memasuki showroom mobil, apa jenis mobil yang pertama kali Anda ingin lihat? Apa itu mobil matic atau justru mobil manual? Jika bicara tentang rentang usia, siapa pun tahu mobil manual jauh lebih old fashion dan karismatik daripada mobil matic yang lahir setelahnya.  Selain tampilannya yang keren, mobil manual juga memiliki beberapa kelebihan berikut ini:

Lebih Gesit Dalam Pengaturan Kecepatan

Hampir semua orang memiliki skill dan style menyetir yang beragam. Beberapa lebih suka berkendara perlahan-lahan, sedang atau yang memacu adrenalin. Mereka yang hobi memacu adrenalin di jalanan, biasanya berteman baik dengan mobil manual. 

Mobil manual memiliki responsive kecepatan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mobil matic. Dengan mengandalkan perseneling, pengendara bisa menyesuaikan kecepatan yang ingin ditempuhnya. 

Mudah Menemukan Tempat Service

Bukan hal yang aneh jika tempat service mobil manual bisa ditemukan di hampir seluruh Indonesia, karena faktanya mobil manual lebih dahulu populer daripada mobil matic. Selain dimudahkan, pengendara mobil manual juga diuntungkan dengan biaya perawatan yang terjangkau. 

Bahan Bakar Awet

Kelebihan lain dari mobil manual adalah kemampuannya dalam menghemat bahan bakar. Dengan kata lain, pengguna mobil manual bisa menghemat budget bahan bakar mobil untuk memenuhi kebutuhan lain seperti perawatan spare part dan lainnya. 

Kenyamanan Berkendara

Mobil matic mungkin nyaman dan mudah digunakan karena tidak membutuhkan pengaturan kopling dan gigi saat berkendara.  Tapi untuk medan yang monoton, mobil manual jauh lebih unggul. 

Ketika berkendara menggunakan mobil manual, konsentrasi kita harus berada sepenuhnya pada gigi, kopling, dan jalan yang ada di depan mata. Otomatis akan membantu menghilangkan kejenuhan, pengendara juga bisa berkendara menggunakan teknikal yang berbeda sesuai kebutuhan. 

5 Spare Part Mobil Manual yang Diganti Rutin

Mobil sama seperti tubuh manusia yang terdiri dari beberapa komponen yang membuatnya tetap bekerja dengan baik dan aktif. Coba bayangkan jika mobil manual dengan berbagai kelebihan di atas tidak dirawat secara rutin? Yang ada mobil akan rusak dalam beberapa tahun ke depan. 

Agar mobil manual Anda terhindar dari kerusakan permanen, pastikan maintenance secara berkala beberapa sparepart berikut ini:

Oli

Bukan cuma di cross-check, oli wajib diganti secara bertahap untuk menghindari adanya kotoran di dalamnya. Pada mobil manual, oli bekerja sebagai pendorong performa mobil sehingga tetap nyaman saat dikendarai.  Kebutuhan oli mobil manual tergantung dari brand mobil bersangkutan, tapi rata-rata ganti oli harus dilakukan setelah mobil menempuh jarak maksimal 5.000 kilometer.

Beberapa pengendara mobil manual terkadang sering menyepelekan kondisi oli rem serta oli power steering padahal keduanya memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting. Jika oli rem habis dan dibiarkan terus menerus dikhawatirkan akan mempengaruhi kampas rem. 

Sementara oli power steering berpengaruh besar terhadap kenyamanan berkendara Anda. Tentunya Anda ingin mengendarai mobil dengan gesit dan cepat bukan? 

Kampas Rem

Supaya mobil manual Anda tetap pakem remnya, lakukan pemeriksaan kampas rem secara teratur. Spare part mobil ini berkaitan erat dengan kinerja rem dan keselamatan pengendara.  Apalagi jika Anda menggunakan mobil manual secara teratur, entah untuk pergi ke kantor, bertamasya atau melakukan perjalanan santai bersama teman-teman.

Semakin sering mobil digunakan, kualitas kampas rem akan semakin menurun bahkan menghilang jika Anda tidak melakukan perbaikan secara berkala. Rata-rata kampas rem mobil manual hanya bisa bertahan setelah menempuh jarak maksimal 70.000 kilometer

Kampas Kopling

ilustrasi kopling mobil manual
Ilustrasi sistem kopling mobil manual

Jenis spare part yang wajib dirawat rutin berikutnya adalah kampas kopling. Sparepart ini berperan sangat aktif dan responsif dalam menyalurkan energy mesin pada transmisi. Ketika kampas kopling berada dalam kondisi terburuk seperti terbakar atau aus, mobil tidak bisa dikendarai dengan nyaman dan aman. Bila dipaksakan terus menerus, mesin mobil akan mati alias mogok. 

Hakikatnya, ada beberapa gejala yang bisa kita temukan saat kampas kopling rusak atau terbakar seperti akselerasi mobil yang menurun, kopling mudah selip dan tercium bau gosong yang sangat khas. Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya hentikan mobil untuk dilakukan pemeriksaan kampas kopling secepatnya. 

Aki

Tidak kalah pentingnya dari ketiga spare part di atas, aki mobil juga wajib dicek dan diganti secara berkala jika sudah rusak. Cara mengecek aki mobil sebenarnya tidak sulit, cukup gunakan battery load tester apabila Anda bermaksud untuk mengetahui kondisi aki atau cukup cek dengan voltmeter. 

Aki mobil yang bagus dan sehat terlihat dari indikator yang menunjukkan warna biru sementara aki yang perlu di charge umumnya berwarna putih. Biasakan untuk memanaskan mobil sebelum dikendarai untuk membantu menjaga kualitas aki. 

Filter AC

Dan sparepart terakhir yang harus diperhatikan adalah filter AC, apalagi jika Anda tidak bisa lepas dari penyejuk udara saat mengendarai mobil. Filter AC pada dasarnya berfungsi untuk menyaring debu sehingga tidak terserap dan masuk menuju evaporator

Upayakan agar kondisi filter AC mobil Anda selalu bersih, jika kondisinya sudah terlalu rusak segera ganti dengan sparepart yang baru. 

Yaps otomania, itulah lima spare part mobil manual yang wajib dirawat secara teratur apabila Anda tertarik untuk menggunakan mobil manual yang sama selama beberapa tahun yang akan datang. Perawatan spare part mobil bisa dilakukan seorang diri jika Anda mampu melakukannya atau dengan memanfaatkan bengkel atau jasa service mobil.

Otomotif
Ini 2 Auto Detailing Paling Ramai di Bandung
Otomotif
Mengintip Generasi Honda Civic Dari Tahun 1972 Hingga 2019
Otomotif
Modifikasi Motor Chopper dari Harley Davidson Keluaran 1995
There are currently no comments.