Contoh Cover Laporan Praktikum Akademik Standar PTN [DOC]

2 min read

Sistematika Cover Laporan Praktikum

Praktikum adalah kegiatan belajar yang dilakukan di laboratorium dengan melakukan pengamatan, pengujian/percobaan, serta dokumentasi. Hasil dari praktikum harus ditulis dalam bentuk laporan praktikum, yang diikuti dengan analisis dan kesimpulan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Praktikum termasuk hal wajib yang harus Anda lakukan saat memasuki jenjang kuliah, terutama jika Anda mengambil jurusan sains (kimia, matematika, biologi, fisika), kedokteran, kebidanan, kehutanan, atau ilmu alam lainnya. Selain isi laporan yang bagus, cover laporan juga harus menarik dan terstruktur lho.

Struktur Cover Laporan Praktikum

Kebanyakan mahasiswa hanya fokus pada isi dari laporan dan kurang memperhatikan cover laporan, sehingga hasilnya adalah cover kurang menarik untuk dilihat bahkan ada juga yang tidak terstruktur alias asal-asalan.

Padahal, cover adalah identitas dari laporan tersebut, dan merupakan halaman pertama yang akan dilihat oleh dosen Anda, yang secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada nilai Anda. Dengan kata lain, cover memainkan peran yang cukup penting.

Struktur dari template atau cover laporan praktikum sebenarnya berbeda-beda di setiap universitas atau sekolah, tergantung dari guru atau dosen Anda sendiri. Namun, tetap ada standar struktur tertentu yang harus Anda ketahui, seperti:

1. Judul Laporan

Judul adalah kalimat pertama yang harus Anda pikirkan dan tulis di sampul laporan praktikum. Posisi dari judul ada di bagian paling atas tengah, dan ditulis dengan huruf kapital serta ukuran font yang besar.

Lihat pula:  Contoh Cerpen tentang Pandemi Corona Berhikmah (2 Halaman)

Ada banyak sekali jenis font yang bisa Anda pilih agar judul enak dipandang, tapi sebaiknya hindari font yang susah dibaca dan malah terkesan berlebihan.

Cover Laporan Praktikum
Cover Laporan Praktikum

Anda bisa memilih jenis font standar seperti Calibri Light, Calibri, Times New Roman, atau Arial, kemudian cetak tebal (bold). Hindari juga membuat judul yang terlalu panjang, usahakan sesingkat mungkin namun padat dan jelas serta mewakili isi dari laporan yang Anda buat.

2. Tujuan Penulisan Laporan

Tujuan laporan bisa dicantumkan atau tidak di cover laporan. Bisa dibilang bahwa bagian ini opsional dan kondusif saja.

Jika ingin mencantumkan, maka tujuan pada cover haruslah dapat menjelaskan kepada pembaca mengapa laporan tersebut dibuat. Letak bagian ini tepat berada di bawah judul laporan ya.

3. Nama Penulis

Posisikan nama penulis di bawah logo kampus Anda. Jika laporan praktikum ini merupakan tugas kelompok, maka cantumkan semua nama anggota kelompok dengan mengurutkannya berdasarkan abjad agar terlihat lebih rapi dan terstruktur. Letak nama penulis ada di bagian tengah ya.

Namun sebelum menulis daftar nama, jangan lupa untuk menambah kalimat, “Disusun oleh: ….” (tanpa tanda petik) kemudian tambahkan nama kelompok. Kurang lebih contohnya adalah seperti ini:

Disusun oleh:
Kelompok 5

  1. Andini Rahayu S.
  2. Budi Doremi R.
  3. Cintia Wijaya Maya
  4. Winda Wulandari

4. Logo Kampus/Universitas

Logo kampus memiliki fungsi sebagai identitas dari si pembuat laporan dan di lembaga/instansi mana ia berada. Letak dari logo adalah di bawah “tujuan laporan” atau detil laporan seperti dosen pengampu dan tanggal pengumpulan. Tidak ada standar ukuran tertentu untuk besar/kecilnya logo, Anda bisa menyesuaikannya sendiri agar terlihat bagus dan pas saat dilihat.

Lihat pula:  Daftar IQ Tertinggi dan Tingkatan IQ Rata-Rata Manusia

5. Nama Kampus

Cantumkan nama kampus Anda di bagian bawah nama penulis, misalnya “Universitas Brawijaya”. Gunakan huruf tebal untuk mempertegas identitas kampus ya. Lebih baik lagi jika ditulis dengan huruf kapital untuk mempertegas.

6. Jurusan

Bagian ini sebenarnya opsional, tapi agar lebih lengkap disarankan untuk menuliskannya. Letaknya tepat di bawah nama kampus Anda dan di bagian tengah halaman. Jangan lupa untuk dipertebal (bold) ya. Contohnya seperti ini:

UNIVERSITAS PALANGKARAYA
FAKULTAS TEKNIK
URUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN

7.      Tempat dan Tahun

Tempat dan tahun berada di bagian paling bawah dari cover praktikum, tepat di bawah nama kampus. Tempat mewakili di kota mana Anda membuat laporan tersebut, dan tahun mewakili waktu pembuatan. Anda juga bisa menambah nama bulan sebelum menulis tahun, misalnya “Januari, 2021“.

Tips Tambahan

Setelah mengetahui struktur yang benar, ikuti tiga tips sederhana berikut agar sampul laporan Anda terlihat lebih kece:

Gunakan Huruf yang Sama

Misalnya bagian judul, nama kampus, jurusan, dan tahun pembuatan laporan menggunakan font “Times New Roman”. Sedangkan bagian nama penulis dan tujuan laporan menggunakan font “Calibri Light” atau yang lainnya.

Perhatikan Ukuran

Mirip dengan poin sebelumnya, ukuran dari font juga harus Anda samakan, agar secara keseluruhan terlihat rapi. Namun Anda juga harus tricky. Jadi begini, misalnya ukuran font judul adalah 20, maka font pada kalimat paling bawah (nama kampus, jurusan, dan tahun) juga harus 20.

Sedangkan font pada bagian daftar nama harus lebih kecil, misalnya ukuran 12. Jadi tidak semuanya kecil dan tidak semuanya besar, melainkan dikombinasikan.

Download Template

Agar tampilan cover tidak itu-itu saja, Anda bisa mendownload template dari internet. Pilih yang paling aesthetic menurut Anda tapi juga bisa mewakili isi dari laporan tersebut. Baru kemudian, tambahkan beberapa tulisan seperti yang ada dalam daftar di atas.

Anda harus membuat cover laporan praktikum yang menarik dengan struktur yang benar agar pembaca dapat tertarik untuk melihat isinya. Namun, isi dari laporan juga harus bagus agar pembaca tahu bahwa cover dan isi laporan sama-sama berkualitas.

Lihat pula:  Contoh Hortatory Exposition Text dan Cara Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Karinov Wiki: Direktori UMKM Online