Pendidikan

Ini Suku Dan Daerah Asal Kerak Telor serta Kandungan Gizinya


Kerak telor merupakan sebuah jajanan atau yang juga dikenal sebagai makanan ringan untuk menemani waktu saat bersantai bagi warga Betawi. Kerak telor terbuat dari ketan, udang kering, kelapa, merica, garam, dan telur. Asal kerak telor merupakan warisan masa lalu yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. 

Sejarah Betawi akrab dengan warisan kulinernya yang juga dipengaruhi oleh budaya Cina, Eropa, dan Arab. Makanan khas Betawi memiliki ciri khas citarasa yang gurih dan sedap. Betawi memang memiliki banyak makanan khas yang lezat. Beberapa makanan khas Betawi selain kerak telor yaitu Bubur Ase, Es Selendang Mayang, Nasi Ulam. 

Sejarah Kerak Telor

Sebenarnya tidak ada yang mengetahui secara pasti asal usul kerak telor karena makanan ini merupakan makanan khas Betawi yang sudah ada sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda bahkan termasuk salah satu makanan yang disukai masyarakat Belanda. 

Dulunya Jakarta dikenal dengan Batavia yang masih memiliki banyak pohon kelapa yang tumbuh di area wilayah Batavia. Kemudian sekitar tahun 1970-an, masyarakat Betawi mulai menjual kerak telor di area Tugu Monas. Makanan ini kemudian mulai menarik banyak minat orang-orang yang datang ke Jakarta bahkan makanan ini termasuk makanan orang elit pada zaman dulu. 

Terdapat dua jenis kerak telor yang dikenal hingga sekarang yaitu kerak telor ayam yang terbuat dari telor ayam dan kerak telor bebek yang terbuat dari telor bebek. Telor ini juga merupakan pilihan ada masa orang kolonial Belanda karena hasil peternakan yang mudah didapatkan. 

Budaya Makan Kerak Telor

Budaya makan kerak telor merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang juga disebut sebagai omelet oleh batavia. Kebudayaan Betawi tidak berpatokan pada satu aspek melainkan gabungan Cina, Eropa, Arab, Mimikri, dan Local Globalize Cuisine, sehingga bergabung dalam karakter suku bangsa Betawi.

Sifat campur aduk yang ada pada dialek Betawi merupakan cerminan kebudayaan Betawi yang umum serta merupakan hasil perkawinan berbagai macam kebudayaan baik itu Nusantara dan kebudayaan asing. 

pedagang kerak telor di jakarta
pedagang kerak telor di jakarta

Karena adanya keragaman yang luar biasa, artinya orang Betawi mampu menyerap kebudayaan asing yang diadaptasikan pada kebudayaan sendiri baik itu dalam bidang kebudayaan, bidang perdagangan, bidang pariwisata. Dalam mengembangkan kuliner Betawi maka diadakan Festival Kuliner Betawi dan Festival Kerak Telor

Metode Masak Kerak Telor

Kerak telor tentu memiliki metode masaknya tersendiri dengan proses pengolahan khas untuk menghasilkan kerak telor yang enak mulai dari penggunaan bahan mentah hingga menjadi makanan enak yang siap dikonsumsi.  Untuk proses memasak kerak telor juga bisa dibilang cukup unik dengan menggunakan teknik membalik wajan agar telurnya bisa matang secara merata. 

Peralatan masaka yang digunakan untuk memasak kerak telor yaitu wajan, anglo (tungku yang terbuat dari tanah liat). Anglo berbeda dari kompor karena anglo tidak memiliki ruang pemanas tertutup sehingga api pembakar yang dihasilkan langsung dari bahan bakarnya. 

Bagian bawah anglo dibuat ruang sehingga dapat menampung abu sisa pembakaran bahan bakar padat seperti arang, batu bara, atau arang rambutan. Penjual umumnya menggunakan arang kayu rambutan agar makanan lebih harum. Menurut penjual kerak telor, mereka harus menggunakan sodet/sutil dari rotan bambu yang cukup langka di pasaran karena bahan ini tahan panas dan juga kerak telor akan pipih secara merata.

Kandungan Gizi Kerak Telor

Kerak telor bukan hanya enak namun juga ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup baik. bahan yang digunakan untuk membuat kerak telor yaitu beras ketan putih yang mengandung 80% karbohidrat, 4% lemak, 6% protein, dan 10% air. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani di mana satu butir telur bebek mengandung 130 kalori bahkan mengandung vitamin B12, kolin, dan selenium. Kerak telor juga menggunakan daging kelapa yang kaya akan kandungan protein.

foto penampakan makanan kerak telor
foto penampakan makanan kerak telor

Jadi kerak telor merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein dengan berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang, tambahan energi, menangkal radikal bebas, mengontrol nafsu makan, dan menyehatkan sistem pencernaan.

Pendidikan
[Tweet] Kumpulan Nasihat Islami para Ulama Timur Tengah
Pendidikan
Panduan Program Sekolah Ke Jepang bersama Jeducation
Pendidikan
Contoh RKJM SMP 2020 dan Tata Cara Penyusunannya [DOC]
There are currently no comments.