Pendidikan

Apa Itu Tes Potensi Skolastik dalam UTBK 2020


Tes Potensi Skolastik adalah salah satu tambahan materi tes untuk UTBK dan SBMPTN 2020 dalam masuk ke perguruan tinggi berdasarkan Surat Edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020. Selain itu, tes ini memiliki perbedaan pada materi yang akan diujikan oleh para pejuang PTN dengan menghapus adanya Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Pengetian Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik (TPS) merupakan jenis tes yang memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif tersebut terdiri dari kemampuan penalaran dan juga pemahaman umum yang telah didapatkan dari pendidikan formal.

Dalam tes ini, anak dituntut untuk menunjukan kemampuan menalar secara umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan umum, dan kemampuan dalam membaca dan menulis dengan baik.

Jenis tes ini pastinya sudah pernah dilakukan di beberapa Negara kecuali Indonesia, yaitu Amerika Serikat, Inggris, dan Swiss. Jadi, Anda tidak perlu lagi meragukan akan efektivitas dari Tes Potensi Skolastik.

Berikut isi surat edaran yang menyatakan bahwa ujian berbasis komputer UTBK-SBMPTN terbaru di tahun 2020 ini menggunakan Tes Potensi Skolastik:

Surat edaran terbaru dari LTMPT (April 2020)

Jenis Tes Potensi Skolastik

1. Penalaran Secara Umum

Tes penalaran umum ini diawali dengan adanya paragraph berupa teks, tabel, grafik, atau kurva yang harus dipelajari dan dipahami secara mendalam mengenai informasi yang disampaikan. Selain itu, terdapat beberapa jenis soal kuantitatif yang menuntut penalaran secara rasional.

Kunci sukses dalam mengerjakan soal tipe ini adalah dengan lebih teliti serta lebih sering berlatih agar dapat menyimpulkan data dan pernyataan secara logis yang kadang sengaja dibuat sedikit tricky.

2. Memahami Bacaan dan Menulis

Pemahaman bacaan bisa dilakukan dengan penalaran secara menyeluruh mengenai informasi dalam paragraf yang disajikan. Selain memahami konteks informasi yang disampaikan, Anda juga harus mengerti benar/tidaknya tata bahasa yang digunakan. Dari pemahaman tersebut, Anda bisa menyimpulkan maksud dan pesan tersirat yang terkandung di dalamnya.

3. Pengetahuan Umum

Yang dimaksud dalam pengetahuan umum adalah muncul soal berupa sinonim, antonym, idiom, dan penggunaan EYD berdasarkan aturan yang berlaku. Namun, yang menjadi dalam pengetahuan umum ini bukan hanya Bahasa Indonesia tetapi juga tata cara dalam Bahasa Inggris.

4. Kemampuan Kuantitatif

Jenis soal yang terdapat pada TPS bukan hanya bacaan dan paragraf namun beberapa soal kuantitatif juga akan muncul. Soal kuantitatif tersebut seperti aljabar, geometri, statistika, peluang, dan juga logika. Satu hal yang cuukup sering juga muncul dalam tipe TPS seperti ini adalah kombinasi kalimat degan angka yang membutuhkan kemampuan ekstrapolasi numerik untuk menjawabnya.

Tips Belajar Tes Potensi Skolastik UTBK

Pada prinsipnya, mengerjakan sebuat soal pada tes memiliki kunci tersendiri. Oleh karena itu, Anda harus memahami beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi Tes Potensi Skolastik, di antaranya yaitu:

  1. Berlatih secara rutin

    Lakukan latihan secara rutin dan terjadwal agar tidak melakukan sistem belajar kebut semalam dalam menjalani tes ini.

  2. Latihan dengan acuan waktu

    Perbanyak latihan dengan timer yang tepat. Hal tersebut bisa melatih Anda untuk mengetahui kemampuan menjawab soal.

  3. Koreksi kesalahan dan analisa letak kesalahanmu

    Nilai setiap latihan dengan melihat kunci jawaban dan lakukan analisis lebih pada soal yang salah.

  4. Jangan membuang waktu di soal yang terlampau rumit

    Saat berlatih atau mengerjakan soal TPS jangan berpaku terlalu lama pada satu soal karena bisa membuat kehabisan waktu.

  5. Berlatih dengan teman sejawat

    Agar lebih dapat mengukur kemampuan diri Anda, ada baiknya kamu belajar bersama teman saat mengerjaan soal TPS. Dengan bantuan teman, kamu akan lebih mudah meningkatkan kemampuan seiring waktu.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memperhatikan jadwal penyelenggaraan ujian UTBK-SBMPTN 2020 yang mengandung Tes Potensi Skolastik. Berikut jadwal pendaftaran hingga waktu ujian TPS berlangsung berdasarkan informasi terbaru dari LTMPT:

No.KegiatanJadwal
1.Pendaftaran UTBK dan SBMPTN2-20 Juni 2020
2.Pelaksanaan UTBK5-12 Juli 2020
3.Pengumuman SBMPTN25 Juli 2020

Jika Anda ingin sukses dalam mengerjakan soal TPS UTBK dan mendapat hasil yang maksimal maka Anda harus rajin berusaha, belajar, dan berdo’a. Lakukan dengan konsisten sehingga pada waktu yang telah dijadwalkan, Anda mendapatkan kebiasaan dalam menjawab setiap soalnya.

Pendidikan
Contoh RKJM SMP 2020 dan Tata Cara Penyusunannya [DOC]
Pendidikan
Mengenal Learning Pyramid dalam Pola Belajar Anak
Pendidikan
Pengumuman Pendanaan Proposal DIKTI 2019
There are currently no comments.