Bisnis

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner

Sepertinya semakin kesini semakin ada banyak orang yang mulai tertarik untuk menjalankan jenis bisnis satu ini, yakni bisnis kuliner,...

· 1 min read >
tips masuk bisnis kuliner

Sepertinya semakin kesini semakin ada banyak orang yang mulai tertarik untuk menjalankan jenis bisnis satu ini, yakni bisnis kuliner, mungkin Anda termasuk salah satu diantaranya. Sehingga jangan heran jika pada akhirnya banyak sekali menemukan tempat makan berjejeran di jalanan, mulai dari warung makan, restoran, hingga kafe – kafe.

Tapi sudahkah Anda tahu bahwa ternyata saat ini jenis bisnis kuliner sudah menjadi bisnis yang sangat kompetitif sekali. Hal tersebut karena Anda harus mengarahkan pelanggan untuk makan, dan membuat merasa tetap merasa nyaman juga puas dengan pelayanan, serta makanan yang ditawarkan. Apabila Anda tidak mau menarik perhatian para pelanggan, siap – siap saja bisnis kuliner Anda akan gulung tikar dalam waktu sesingkat – singkatnya.

Selain hal tersebut, untuk menjalankan bisnis kuliner ini secara efektif, maka Anda harus bisa menghindari berbagai kesalahan yang dibuat oleh pebisnis kuliner lain. Misalnya saja, minimnya melakukan riset pasar, atau tidak bisa mencari target market secara tepat. Ditambah lagi, tidak memiliki sebuah perencanaan yang matang untuk urusan pemasaran. Padahal hal tersebut penting sekali untuk mulai membangun reputasi dari bisnis kuliner yang Anda miliki.

Biasanya brand bisnis besar bisa dengan mudahnya hadapi persaingan bisnis. Nah, di bawah ini ada beberapa ide bisnis paling jitu yang bisa Anda coba terapkan untuk menghadapi kejamnya persaingan di dunia bisnis kuliner. Apa itu?

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Kuliner

Buat cadangan dana

Biasanya, pemilik bisnis kuliner butuh waktu sekitar 9 bulanan, atau bisa juga lebih sebelum akhirnya mencapai titik breakeven. Anda sangat disarankan sekali untuk menyisikan cukup dana sampai periode tersebut berakhir.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan prakiraan dan prediksi kapan masa krisis terjadi, sehingga harus menghabiskan banyak anggaran. Ingat, ini adalah awal Anda dalam menjalankan sebuah bisnis kuliner, jangan sampai Anda pada akhirnya terbawa suasana oleh kesuksesan di awal. Hemat dan keluarkan anggaran secara tepat, sesuai kebutuhan. Pakai dana cadangan untuk tutupi biaya yang sifatnya darurat.

Membuat logo semenarik mungkin

Tentu saja bisnis kuliner Anda harus memiliki logo yang unik, menarik, dan berkesan di hati para pelanggan. Orang pastinya akan lebih dulu melihat logo binis Anda di situs website, iklan media, papan menu, atau pun di tempat lainnya.

Keberadaan logo ini tidak hanya jadi tanda hak cipta, tetapi lebih dari itu. Desain logo nanti akan membantu Anda dalam membangun citra brand atau merek yang bisa dipercaya publik. Jadi pastikan Anda tidak secara sembarangan dalam mendesain logo bisnis kulinermu.

Membuat tampilan menu yang unik

Papan menu pastinya memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk peluang bisnis kuliner ini. pada papan menu inilah pelanggan Anda nanti bisa memilih hidangan yang sesuai dengan selera dan kantong mereka.

Makanya, sangat disarankan sekali agar tampilan menu Anda dibuat secara unik dan profesional, sehingga memiliki kemampuan pula untuk menjadikan bisnis kulinermu berbeda dengan pesaing Anda.

Manfaatkan social media

Ini menjadi cara yang bisa dikatakan cukup efektif sekali untuk promosikan bisnis kuliner Anda. Apalagi saat ini sudah ada banyak orang yang menggunakan social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain – lain. Jadi, pilihlah dan buat akun social media yang nanti akan bermanfaat bagi eksistensi serta keberlangsungan bisnis Anda.

Demikianlah ide bisnis paling jitu untuk hadapi kejamnya persaingan bisnis kuliner yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda di dunia bisnis kuliner.

Written by Editorial Staff
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile
sukses membuat bisnis plan

Cara Sukses Membuat Bisnis Plan

Editorial Staff in Bisnis
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *