Tutorial

5 Tips Agar Tidak Tersesat di Indonesia Saat Traveling


Indonesia kaya akan destinasi wisata yang menakjubkan. Jangankan turis luar negeri, kita yang berasal dari sini juga belum tentu menyambangi seluruh keindahan Tanah Air yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Jangan sampai Anda tersesat di Indonesia saat traveling, ya!

Perkara tersesat di Indonesia tak semudah yang dibayangkan. Meski ada GPS di ponsel, nyatanya fitur tersebut tidak selalu membantu segala kebutuhan kita. Apalagi jika Anda tersesat di sebuah tempat yang susah sinyal. Bertanya pada warga sekitar? Bisa saja, tetapi…

Semua menjadi lebih sulit ketika penduduk setempat sulit berbicara bahasa Indonesia. Negara kita terdiri dari banyak bahasa lokal, sehingga kondisi seperti ini perlu dipahami jauh sebelum memutuskan untuk mendatangi tempat tersebut. Intinya, persiapan amat dibutuhkan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak kemungkinan mengapa kita bisa tersesat di Indonesia, negara sendiri. Baik itu keterbatasan bahasa, sinyal dan sebagainya. semua bisa jadi kendala. Mulai dari sekarang, ikuti tips demi menghindari kondisi demikian sebagai berikut.

5 Tips Agar Tak Tersesat di Indonesia

1. Rencanakan Tujuan dari Awal

Tips pertama agar tidak tersesat di Indonesia adalah merencanakan tujuan awal Anda. Tak sedikit orang yang memilih untuk berjalan bebas hingga tanpa disadari, ia pergi jauh ke suatu titik yang sulit terjangkau. Tak peduli seberapa dekat atau jauh, membuat rencana sangat penting.

Perencanaan ke depan dapat menghemat waktu dan menikmati perjalanan lebih lama. Ia juga dapat menyelamatkan Anda kasus seperti dari tersesat di jalan. Upaya persiapan rencana antara lain mencari informasi terlebih dahulu, membaca buku pedoman lokal dan sebagainya.

2. Bawa Perangkat Penunjuk Jalan

Bawalah selalu perangkat penunjuk jalan demi menyiasati kondisi tersesat di Indonesia. Meski beberapa tempat sulit dijangkau dari segi sinyal dan GPS, Anda masih bisa menggunakan perangkat lain seperti peta. Bisa juga mengunggah peta GPS offline sebagai persiapan.

Beberapa orang akan menganggap peta sudah usang; namun demikian, ini adalah salah satu alat paling berguna saat bepergian. Persiapan seperti ini amatlah perlu karena Anda tak akan tahu medan tempat secara langsung, kecuali jika beberapa waktu sebelumnya pernah ke sana.

3. Bertanya pada Masyarakat Sekitar

Memang betul bahwa keterbatasan bahasa kerap menjadi kendala saat tersesat di Indonesia. Namun sebagai upaya antisipasi, Anda bisa berdiskusi dengan orang-orang terpercaya seperti pemandu tur dan sejenisnya. Bisa juga bertanya pada pihak keamanan seperti polisi.

Tak ada salahnya juga bila Anda mempelajari bahasa setempat agar bisa berkomunikasi lebih lancar dengan penduduk sekitar. Pastikan untuk bersikap sopan ketika menanyakan arah dan melihat kondisi, mengingat tak semua orang bisa dipercaya jika sudah begini keadaannya.

4. Amati Kondisi Sekitar Sejak Hari Pertama

Kebanyakan pelancong harus memiliki sifat seperti ini. Amati lingkungan Anda dengan cermat bukan hanya karena alasan keamanan, tetapi juga navigasi. Bacalah seluruh tanda di sana untuk mengetahui di mana Anda berada. Setiap tempat memerlukan perlakuan yang berbeda.

Sebagai contoh, jika Anda tersesat di kota, cobalah untuk memeriksa bank setempat dan melihat nama lokasi cabang. Bisa juga menggunakan cara lain seperti melihat tempat-tempat seperti toko grosir. Perhatikan alamatnya, mulai dari jalan, nomor hingga kecamatan tersebut berada.

5. Manfaatkan Memori Gambar

Ketika Anda tahu telah menempuh jalan itu sebelumnya, cobalah untuk mengingat semua landmark yang dulu pernah dilewati atau pemandangan sekitar. Memori fotografi adalah salah satu keterampilan yang dapat membantu Anda melewati perjalanan.

Itulah tadi 5 tips agar tidak tersesat di Indonesia. Selalu siapkan perbekalan dan mental saat menghadapi tempat baru. Solusi terbaik adalah membawa pemandu tur, namun bukan masalah juga bila Anda memutuskan sendiri atau bersama rekan perjalanan lainnya. Selamat berlibur!

Tutorial
Cara Menghapus Konten URL Web di Pencarian Google
Berita
Ini 7 Pulau Wisata Terbaik di Indonesia
Tutorial
Step-by-Step Cara Membuat Pondasi Batu Kali
There are currently no comments.