SIMKAH Web, Situs Nikah Kemenag dan Cara Pendaftarannya

Di tengah pandemi Covid-19, layanan nikah secara online dari Kemenag bisa sangat membantu calon pasangan muda. Ini cara registrasi nikah lewat SIMKAH.


Karinov
@karinovcoid
SIMKAH Web, Situs Nikah Kemenag dan Cara...

Menindaklanjuti adanya nota kesepahaman yang disepakati oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sekaligus Menteri Agama (Kemenag), yang dikeluarkan dengan nomor 470/5711/SJ. Selain itu, juga dilengkapi dengan nota kesepahaman No.20/2015, yang membahas terkait Kerja Sama Pemanfaatan NIK, Data Kependudukan, & E-KTP dalam Lingkup Kemenag, maka dibuatlah Aplikasi SIMKAH.

SIMKAH atau aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah berbasis Web ini, diluncurkan langsung oleh Kemenag Republik Indonesia sejak 8 November tahun 2018 silam. Peluncuran SIMKAH Web merupakan bentuk pengaplikasian teknologi, untuk mendukung kemudahan proses manajemen pernikahan. Selain itu, masih banyak pula keunggulan dari aplikasi ini.

Layanan dan Fitur SIMKAH Web

layanan simkah web dari kemenag
layanan SIMKAH web dari Kemenag (Indonesiabaik.id/KOMINFO)

Setiap aplikasi web yang di-publish oleh pemerintah, tentu memiliki keunggulan yang memang dirancang untuk mendukung realisasi manfaat serta misi yang telah dicanangkan sebelumnya. Tentu ada perbedaan pelayanan antara aplikasi SIMKAH Web dengan pelayanan secara offline. Simak ulasan keunggulan berikut ini untuk lebih jelasnya!

Integrasi Nasional

Data yang diinput ke dalam aplikasi akan langsung terintegrasi secara nasional ke berbagai kementerian terkait. SIMKAH tidak hanya terintegrasi ke Kemenag saja, tapi juga didukung oleh aplikasi yang terintegrasi ke kementerian lainnya, seperti SIAK (Sitem Informasi Administrasi Kependudukan) yang diintegrasi oleh Kemdagri.

Tak hanya itu, SIMKAH Web juga terintegrasi langsung ke aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) yang diintegrasi oleh MA, serta SIMPONI (Sistem Informasi PNBP Online) yang diintegrasi oleh Kemenkeu. Dengan adanya integrasi nasional seperti ini, pelaksanaan pengumpulan data akan lebih cepat dan lebih valid.

Keamanan Data Terjamin

Pada SIMKAH Web, terdapat fitur untuk pencetakan buku nikah. Anda tidak perlu khawatir dengan data-data rahasia Anda ataupun dengan risiko data dipalsukan karena saat akan melakukan pencetakan, Anda akan menemukan QR Code unik, yang hanya dapat terkoneksi dengan akun Anda pada aplikasi SIMKAH Web.

Hanya pendaftar atau pemilik akun tersebutlah yang diizinkan untuk mengakses QR Code, yang bersifat rahasia tersebut. Dengan fitur security seperti ini, maka keamanan data terjamin, sehingga buku nikah milik Anda tidak akan berisiko untuk dipalsukan atau ditukar oleh berbagai oknum yang tak bertanggung jawab.

Fitur Real Time

Dengan adanya fitur ini, Anda kemungkinan akan mendapatkan laporan terkait data nikah serta PNBP nikah, maupun rujuk secara real time atau otomatis ter-update terus menerus. Hal ini tentu memberi kemudahan dalam proses memonitor pelaksanaan pernikahan tingkat nasional. Fitur ini juga memungkinkan pemantauan stok buku nikah di tiap-tiap wilayah.

Jika aplikasi tidak didesain dengan konsep real time, sudah pasti calon pengantin yang menggunakan aplikasi ini akan merasa tidak nyaman, karena tidak dapat mengetahui secara langsung bagaimana status data pendaftaran yang telah dikirimkan melalui aplikasi. Petugas di KUA pun akan kerepotan dalam proses data yang pending karena tidak real time.

Lihat juga: Cara Cek Nomor Porsi Haji Kemenag

Pendaftaran Via Online

Pendaftaran nikah tidak lagi rumit dan menghabiskan waktu banyak. Lantaran dengan SIMKAH Web, Anda bisa melakukan pendaftaran nikah, hanya semudah sentuhan jari di layar smartphone Anda. Calon pengantin hanya perlu melakukan pengisian data pada form online yang tersedia, yang meliputi data NIK serta jadwal pernikahan yang akan di-booking.

Dengan akses pendaftaran online, calon pengantin tidak perlu kerepotan melakukan antrean, atau meluangkan waktu di jam kerja untuk mendatangi KUA secara langsung. Lantaran setelah berhasil mendaftar, baru lah calon pengantin diwajibkan menyerahkan sejumlah berkas secara fisik ke petugas KUA yang telah dipilih.

Berikut tahapan lengkap dalam melakukan pendaftaran di SIMKAH web:

  1. Buka Simkah Web

    Hal pertama yang perlu dilakukan ialah membuka aplikasi SIMKAH web dari kemenag di alamat simkah.kemenag.go.id.

  2. Klik menu Daftar Nikah

    Pada box bagian kanan bawah ada pilihan menu Daftar Nikah. Klik tombol tersebut hingga Anda diarahkan pada halaman simkah.kemenag.go.id/daftarnikah/create

  3. Pilih Kecamatan

    Setelah masuk ke laman pendaftaran, Anda diharuskan mengisi form pertama yang berisi tanggal pernikahan dan Kecamatan tempat pelaksanaan akad nikah. Klik tombol Lanjut jika sudah mengisi semua kolom tersebut.

  4. Isi data calon pengantin

    Pada form bagian kedua, Anda diminta untuk mengisi data diri calon suami dan calon istri. Data yang diperlukan seperti alamat, pekerjaan, NIK, status perkawinan dan semacamnya. Salin itu, Anda juga harus mengkonfirmasi syarat dokumen yang sudah dimiliki untuk dibawa saat ke KUA.

  5. Ambil bukti pendaftaran

    Hal terakhir yang perlu dilakukan setelah langkah-langkah di atas sudah dilakukan ialah dengan mengambil bukti pendaftaran Simkah Web. Agar lebih aman, Anda bisa menyimpan bukti pendaftaran yang tampil di layar komputer dan mencetaknya dalam bentuk printed.

Data yang Lengkap

Keunggulan selanjutnya adalah kelengkapan data yang disimpan oleh SIMKAH Web. Tidak hanya data nama lengkap saja, variabel data yang disajikan oleh aplikasi ini cukup kompleks dengan beberapa kategori seperti pendidikan calon pengantin, usia, pekerjaan, serta berbagai informasi latar belakang masing-masing calon pengantin.

Kelengkapan data ini tentunya juga didukung oleh keunggulan integrasi nasional, yang telah dibahas sebelumnya. Dengan kerja sama berbagai kementerian sekaligus, maka data-data yang dikumpulkan akan lebih informatif. Tak hanya itu, juga akan terekam jejak atau histori pernikahan masing-masing calon pengantin.

Langsung Terkoneksi Antar KUA

Hal itu karena SIMKAH Web merupakan aplikasi yang berkonsep real time, sudah tentu setiap data yang diinput ke dalamnya, akan langsung terkoneksi ke antar KUA terkait. Data yang calon pengantin isi secara online, akan langsung diterima petugas di KUA, sehingga dapat langsung diproses. Aplikasi  ini juga terbukti mempermudah kinerja petugas-petugas di KUA.

Dengan desain yang ringan dan sederhana, aplikasi SIMKAH Web menjadi aplikasi dengan user friendly yang dapat diandalkan. Setiap langkah pendaftaran yang disediakan dibuat semudah mungkin, dengan proses load yang singkat. Sehingga, diharapkan aplikasi SIMKAH Web ini bisa membantu proses pendaftaran nikah menjadi lebih cepat dan mudah.

Selain itu, diharapkan pula agar seluruh lapisan masyarakat dan jenjang usia dapat menggunakan aplikasi tersebut tanpa mengalami kendala. Tidak hanya untuk calon pengantin saja, namun juga untuk para petugas yang bekerja di Kantor Urusan Agama. Dengan berbagai evaluasi secara periodik, aplikasi ini akan terus mengalami perkembangan dan perbaikan.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Berita

Daftar Plat Nomor Pejabat dan Cara Tahu Keasliannya

Mungkin anda pernah melihat mobil dengan nomor polisi berakhiran huruf seperti RFP, RFS atau RFD. Ini merupakan plat nomor mobil pejabat. Lantas sebenarnya seperti apa daftar plat...

Posted on by Karinov
Berita

Apa Itu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) serta Fungsinya

Lembaga bantuan hukum pada dasarnya dihadirkan bukan tanpa alasan. Tujuan utama adalah untuk membantu masyarakat tanpa memandang status sosial dan ekonomi, terutama bagi mereka...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam