Mengetahui Jenis Content Writer dan Gaya Penulisannya

Bekerja di bidang konten writer ataupun jasa penulis artikel sedang banyak diminati saat ini. Ketahui beberapa jenisnya agar tulisan anda bisa menjadi lebih berkualitas.


Karinov
@karinovcoid
Mengetahui Jenis Content Writer dan Gaya...

Saat ini, bekerja tidak hanya dilakukan melalui kontak langsung secara fisik. Adakalanya, jarak yang jauh ataupun berbagai kendala lainnya menghalangi setiap aktivitas yang dilakukan. Dan bidang pekerjaan yang paling banyak dilakoni oleh banyak orang dalam situasi tersebut adalah menjadi freelancer atau tenaga lepas, karena tidak terikat dengan kontrak apapun, serta bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satu pekerjaan freelance yang diminati oleh banyak orang sekarang adalah menjadi content writer atau bekerja di bidang jasa penulis artikel.

Menjadi content writer memiliki berbagai keuntungan, yakni bisa dilakukan di rumah dan tidak memandang dari latar belakang apapun. Asalkan mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam dunia tulis menulis, mampu bekerja sesuai deadline yang diberikan, dan berusaha tetap profesional, semuanya akan mudah dijalani. 

Mengenal Macam-macam Content Writer

Menjadi seseorang yang bekerja di bidang jasa penulis artikel juga memiliki segudang tanggung jawab yang besar. Perusahaan akan membutuhkan seseorang yang mampu mengisi dan memperbaharui berbagai konten pada website mereka. Oleh karena itu, perlu sekali untuk memperdalam berbagai pengetahuan seputar content writer yang anda jalani saat ini. Jangan sampai anda melakukan kesalahan fatal yang merugikan tempat anda bekerja disebabkan karena kurangnya pengetahuan anda dibidang ini.

Ada banyak jenis content writer, dan setiap jenisnya mempunyai spesialisasinya tersendiri. Jika anda ingin bekerja di bidang jasa penulis artikel, sebaiknyanya anda perlu mengetahui terlebih dahulu macam-macam dari content writer berikut ini:

  1. SEO Writer
Keahlian SEO dibutuhkan agar bisa tampil di Google
Keahlian SEO dibutuhkan agar bisa tampil di Google

Jenis jasa penulis artikel yang paling populer digunakan adalah SEO, atau singkatan dari Search Engine Optimization, yakni suatu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kualitas website agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Artikel yang memenuhi kriteria SEO, akan lebih mudah dilacak oleh mesin-mesin pencarian seperti halnya google. Biasanya, artikel yang menarik akan muncul di halaman pertama pada mesin pencarian, yang mana link nya akan lebih banyak diakses oleh para pembaca.  Dalam hal tersebut, tentunya website akan lebih banyak pengunjung, yang mana hal itu akan menaikkan rating website tersebut dengan cepat. 

Oleh karena itu, content writer SEO tentunya harus membuat artikel dengan kata kunci atau keyword yang tepat seperti yang sudah diatur pada SEO. Selain itu juga, artikel yang dibuat harus menarik dan memenuhi apa yang diinginkan para pembaca.

  1. Generalist Writer

Seperti namanya, generalist writer tidak berfokus pada jenis konten apapun. Penulis hanya dituntut membuat konten sebanyak-banyaknya, tanpa terikat pada tema ataupun gaya penulisan apapun. Biasanya, jasa penulis artikel jenis ini membuat konten yang bertujuan hanya untuk menciptakan dan meningkatkan kesadaran para pembaca di berbagai blog dan website terhadap sebuah brand pada suatu perusahaan. 

Walaupun tidak terfokus pada hal apapun, penulis tetap harus memiliki skill yang tinggi untuk membuat setiap kontennya, dan bertanggung jawab atas konten yang ditulisnya.

  1. Technical Writer

Jenis content writer selanjutnya adalah technical writer. Menjadi penulis di bidang ini harus mempunyai kemampuan yang tinggi, karena tugasnya harus mampu menginterpretasikan beberapa informasi yang sangat kompleks menjadi sebuah tulisan yang ringan dan mudah diterima oleh para pembaca yang sifatnya awam. Umumnya, jasa penulis artikel pada bidang ini biasa menulis pada konten manual guide pada suatu produk. 

  1. Jurnalistik

Mungkin, banyak orang mengira bahwa konten yang dibuat oleh jenis content writer ini bersifat formal, karena mengarah pada pembuatan berita. Namun, menjadi penulis di bidang ini nyatanya juga dapat menulis dengan gaya yang santai, walaupun tetap mengutamakan keutuhan informasi yang tersampaikan dengan baik. 

Beberapa tulisan yang dihasilkan bisa berupa feature ataupun entertainment yang sifatnya dapat menghibur orang-orang yang membacanya. Untuk itulah, jasa penulis artikel di bidang ini juga seringkali bekerja untuk mengisi konten-konten di beberapa website ataupun portal berita yang sifatnya online. 

  1. Social Media Writer

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa pengaruh media sosial saat ini sangat besar. Segala macam informasi yang ada di dalamnya, sangat diterima baik oleh para pengguna. Oleh karena itu, jasa penulis artikel yang bekerja pada bidang ini tentunya harus memiliki kreativitas yang tinggi, serta selalu up to date mengetahui dan mengikuti tren yang sedang hangat dibicarakan saat itu juga. 

Selain itu, konten yang dibuat juga harus fresh dan interaktif. Hal ini dilakukan guna menarik perhatian para pengguna sosial media dan tentunya akan menaikkan engagement pada akun media sosial yang menjadi tanggung jawabnya.  

Itulah beberapa jenis dari content writer yang harus anda ketahui sebelum memulai pekerjaan di bidang jasa penulis artikel. Menjadi seorang penulis, tentunya tidak perlu menguasai semua bidang yang ada pada content writer. Namun, dengan mengetahui berbagai spesialisasi dari setiap bidangnya, tentunya anda lebih bisa fokus menulis pada bidang yang anda kuasai, agar kualitas tulisan anda menjadi lebih baik lagi.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Mitra Bisnis

Cara Mengkilapkan Marmer dan Bahan-Bahannya

Marmer merupakan salah satu bahan yang banyak dipilih dan digunakan untuk pembuatan berbagai macam perabotan. Bahan satu ini sering digunakan untuk lantai yang anda pijak agar...

Posted on by Editorial Staff
Mitra Bisnis

Mengenal Jenis-Jenis Sapi Asli Indonesia

Sapi merupakan hewan ternak dengan daging konsumsi terbesar di Indonesia setelah ayam. Kegemaran masyarakat Indonesia mengonsumsi daging sapi tentu akan sangat panjang bila...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam