Mengenal Rawa Belong, Pusat Karangan Bunga di Jakarta


Karinov
@karinovcoid
Mengenal Rawa Belong, Pusat Karangan Bunga...

Artikel ini disponsori oleh San Diego Hills Karawang

Ketika memasuki area pasar, maka Anda akan disambut dengan semerbak aroma bunga serta warna-warni dari beragam jenis bunga yang terpampang. Suasana yang tidak mengherankan di Rawa Belong, tempat yang terkenal sebagai pasar bunga sekaligus pusat karangan bunga terbesar di Jakarta. 

Berlokasi di Jalan Sulaiman, daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tidak hanya terbesar di Jakarta, rawa Belong bahkan disebut juga sebagai pasar bunga di kawasan Asia Tenggara. Hebat, bukan? 

Pusat Pasar Bunga Rawa Belong

Julukan pasar bunga terbesar sebenarnya tidaklah melebih-lebihkan mengingat total hampir 600 pedagang yang menjual hampir setiap jenis bunga, mulai dari bunga yang umum seperti mawar hingga bunga-bunga impor seperti tulip.

Mawar dari merah hingga biru, bungga anggrek, lili, tulip, snapdragon, babybreath, teratai, tanaman hias Aglomena dan lain sebagainya bisa didapatkan di Rawa Belong.

Tidak hanya bunga potong, di pasar ini juga melayani pembuatan rangkaian bunga yang harganya beragam mulai dari 85 ribu hingga ratusan ribu sesuai permintaan. Pengunjung juga bisa memesan dekorasi bunga untuk pesta ataupun bunga papan untuk ucapan yang bisa dikerjakan hanya dalam waktu 2 jam.

Dengan banyaknya pedagang, maka setiap pedagang dibatasi agar hanya menjual empat jenis bunga. Apabila bunga sudah layu namun belum terjual, maka mereka terpaksa harus membuangnya. Meskipun demikian, pengunjung yang tidak pernah sepi membuat omzet pasar Rawa Belong bisa mencapai belasan hingga puluhan miliar rupiah.

Pasar yang buka setiap hari selama 24 jam ini memiliki dua bangunan utama yang bisa dijelajahi pengunjung. Bangunan pertama adalah pusat untuk menjual berbagai jenis bunga, sedangkan bangunan keduanya menawarkan berbagai aksesoris untuk dekorasi bunga seperti pot, keranjang, ranting, bahkan pagar-pagar.

Selain karena lengkap dengan berbagai jenis bunga segar dan layanannya, Rawa Belong juga digemari karena memberikan harga yang lebih murah. Misalkan di toko dijual dengan harga 250 ribu, maka di Rawa Belong bisa didapat dengan harga 200 ribu

Meski pada momen tertentu seperti Valentine atau Hari Guru harga bunga bisa naik berkali lipat, bunga di pasar ini masih tetap digemari. Para pengecer dan juga pedagang kecil pun juga banyak yang mendapatkan stok bunganya di sini.

Revitalisasi Rawa Belong

Baru-baru ini pemerintah berencana untuk merevitalisasi pasar bunga Rawa Belong. Revitalisasi ini akan mengubah konsep Rawa Belong menjadi Mall Bunga sehingga Rawa Belong yang menjadi ikon pasar bunga terbesar di Asia Tenggara akan semakin representatif.

ilustrasi karangan bunga rawa belong
Ilustrasi karangan bunga Rawa Belong Jakarta

Pembangunan untuk revitalisasi ini direncanakan dimulai pada tahun 2021 dan diharapkan agar selesai dan bisa digunakan tahun 2022. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta juga telah mengusulkan agar pembangunan dilakukan secara bertahap dari satu gedung terlebih dahulu agar tidak perlu merelokasi pedagang.

Para pedagang pun sebenarnya juga tidak bersedia jika direlokasi di TPS (tempat Penampungan Sementara) yang rencananya ditempatkan di Pasar Semanan dan Pasar Klender. TPS yang jauh dari lokasi asli Rawa Belong membuat mereka takut kehilangan pelanggan yang belum lagi jauh dari jangkauan pemasok.

Saat ini, melalui Dinas KPKP pula sosialisasi mengenai revitalisasi ini telah dilakukan dan ratusan pedagang yang ada pun juga sudah menyetujui untuk ikut serta dalam rencana revitalisasi tersebut.

Dengan adanya revitalisasi, maka pasar bunga akan dibuat lebih nyaman baik bagi pengunjung maupun pelanggan yang dilengkap dengan AC. Apalagi semenjak dibangun, pasar Rawa Belong belum pernah direnovasi sehingga rencana revitalisasi ini cukup dinantikan.

Dengan pasar bunga Rawa Belong yang telah dijuluki sebagai pasar dan pusat karangan bunga terbesar di Asia Tenggara, maka hendaknya rencana revitalisasi ini disambut dengan baik. Kondisi pasar yang semakin baik dan nyaman tentu akan menguntungkan baik bagi pedagang maupun pengunjung.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Mitra Bisnis

Kelebihan Belajar dengan Les Privat Datang ke Rumah

Salah satu metode yang paling efektif untuk belajar adalah les privat, baik itu untuk meningkatkan pemahaman mengenai suatu mata pelajaran tertentu atau menambah skill pada suatu...

Posted on by Editorial Staff
Mitra Bisnis

Jenis-Jenis Cairan Pengkilap Lantai Granit

Saat ini banyak sekali bangunan berupa rumah atau gedung yang menggunakan lantai dengan material granit. Tentunya walau berbahan granit, lantai perlu dibersihkan dengan rutin agar...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam