Ini Perbedaan Antara Mobil Campervan Dengan Caravan

Mengenal perbedaan antara campervan dengan caravan akan membantu anda memilih kendaraan yang tepat untuk berkemah.


Karinov
@karinovcoid
Ini Perbedaan Antara Mobil Campervan Dengan...

Terkadang ada saatnya anda ingin mencari suasana yang baru dengan menghabiskan waktu dengan dikelilingi oleh suasana alam yang nyaman dan sejuk. Untuk mempersiapkannya anda mungkin saja sedang bingung harus memilih antara campervan atau caravan. Sebelum itu anda tentu harus memahami terlebih dahulu perbedaan antara campervan dengan caravan.

Apabila memutuskan untuk melakukan perjalanan dan menghabiskan waktu di lingkungan alam yang segar dan indah untuk menjauhi hiruk pikuk perkotaan, tentu harus melakukan perencanaan perjalanan dengan matan misalnya harus ke mana, pergi dengan alat transportasi apa, makanan, dan di mana harus tidur.

Apabila pergi dan tinggal di alam, salah satu pilihan yang paling tepat adalah tidur di kendaraan sendiri. Saat ini bepergian ke alam dengan mengendarai kendaraan sendiri hingga tidur di kendaraan memang sedang menjadi tren apalagi banyak traveller yang menyewa caravan dan tempat perkemahan.

Namun saat memutuskan untuk menyewa caravan atau api unggun, banyak yang dilema harus memilih jenis kendaraan mana sehingga akhirnya salah mengambil keputusan yang membuat perkemahan menjadi kurang nyaman dan tidak dapat mengabadikan momen-momen yang indah.

Tentang Caravan

Jadi sebenarnya apa itu perbedaan antara campervan dengan caravan? Kendaraan manakah yang harus dipilih jika disesuaikan dengan kebutuhan anda? Tentu anda membutuhkan kendaraan yang tepat agar pengalaman camping menjadi lebih nyaman.

Caravan merupakan kendaraan dengan rumah yang terpisah biasanya berupa jip atau trailer dengan ukuran 4×4 atau juga ukuran yang lebih besar dibandingkan mobil penarik. Biasanya trailer ini berupa rumah portabel yang didalamnya berisi semua peralatan rumah tangga yang dibutuhkan termasuk dapur kecil atau stasiun kecil untuk memasak, kamar tidur terpisah tergantung ukuran trailer, dan juga kamar mandi kecil namun tidak semua caravan memiliki kamar mandi kecil.

Apabila anda merupakan orang yang menyukai tempat yang jauh dari rumah seperti di alam namun ingin kendaraan yang seperti rumah dengan ukuran yang luas tanpa ada gangguan dari bagian kemudi, bisa memilih caravan. Namun anda tentu harus memiliki mobil yang cukup kuat untuk menarik trailer tersebut. 

Hanya saja harus lebih berhati-hati dalam mengendarai caravan apalagi jika ukuran trailer cukup besar karena bagian pengemudi tidak melekat dengan trailer. Sama halnya pada saat tikungan atau berbelok. Pengemudi juga akan merasa mudah lelah saat kondisi lalu lintas dalam keadaan yang padat. 

Caravan harus dikemudikan dengan hati-hati baik saat berjalan ataupun saat akan diparkirkan. Bahan bakar mobil juga akan lebih cepat habis karena muatan trailer yang lebih banyak dan akan memberatkan mobil sehingga mobil harus mengeluarkan tenaga yang lebih untuk menarik trailer. 

Namun caravan juga memberikan keuntungan yaitu dapat memberikan area yang lebih luas dan juga harganya lebih murah dibandingkan sewa hotel dan juga sewa campervan. Anda juga bisa membawa lebih banyak barang serta peletakan mobil di tempat kemah juga akan lebih nyaman dan efisien. 

Lihat pula: 10 Rekomendasi Mobil Campervan Terbaru

Apa Itu Mobil Campervan

mobil campervan terbaru 2020
mobil campervan terbaru 2020

Campervan adalah kendaraan dengan rumah yang menyatu dengan bagian kemudi namun beberapa campervan juga memiliki pembatas sendiri di bagian dalamnya. Campervan juga sering disebut RV dengan van yang cukup panjang. Untuk isian rumah tidak berbeda jauh dengan caravan hanya saja ukurannya memang sedikit lebih kecil. Namun saat ini sudah banyak campervan dengan ukuran yang luas bahkan ada 2 tingkat. 

Berbeda dengan caravan, campervan akan lebih nyaman dikendarai karena bagian pengemudi yang menyatu namun tetap harus berhati-hati karena memiliki muatan yang banyak dibandingkan mobil pribadi yang pastinya akan menambah beban kendaraan. Parkir campervan juga lebih mudah dibandingkan parkir caravan.

Hanya saja anda butuh memperhatikan biaya yang dikeluarkan. Biaya sewa campervan juga lebih mahal dibandingkan harga sewa caravan namun tentu akan lebih murah dibandingkan harga sewa kamar hotel. Biaya perbaikan campervan juga terbilang cukup mahal.Inilah perbedaan antara campervan dengan caravan. Baik caravan maupun campervan sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing. Anda juga sebaiknya mencari tahu ketentuan tempat perkemahan apakah boleh menggunakan caravan atau campervan karena tidak semua tempat kemah menyetujui caravan.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Otomotif

Modifikasi Motor Chopper dari Harley Davidson Keluaran 1995

Retrogrades Slaughter House yang digawangi Didot memulai terjun di dunia modifikasi sejak tahun 2004, bahkan dari tahun sebelumnya. Keahliannya dibidang modifikasi iya tuangkan...

Posted on by Karinov
Otomotif

Kelebihan Sewa Hiace untuk Tujuan Wisata

Saat yang selalu menjadi sangat menyenangkan adalah ketika menghabiskan liburan maupun mudik bersama keluarga besar. Akan tetapi terdapat beberapa kendala yang seringkali dialami...

Posted on by Editorial Staff

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam