Mengenal Apa Itu Thermistor, Cara Kerja, dan Harganya

Thermal resistor, adalah kepanjangan dari thermistor. Komponen ini adalah salah satu jenis dari resistor yang memiliki hambatan listrik sesuai perubahan suhu.


Karinov
@karinovcoid
Mengenal Apa Itu Thermistor, Cara Kerja, dan...
Posted by Karinov

Bagi Anda yang asing dengan rangkaian listrik, pasti jarang sekali mendengarkan istilah thermistor. Jika Anda tahu, thermistor ini adalah komponen yang sangat penting di dalam beberapa jenis rangkaian listrik, atau lebih tepatnya pada beberapa jenis perangkat elektronik.

Lalu apa yang dimaksud dengan thermistor itu sendiri? Apa fungsi dan juga cara kerja dari alat yang satu ini? Lalu kalau dijual atau ingin membeli, berapa harganya?

Mengetahui Tentang Thermistor

Thermal resistor, adalah kepanjangan dari thermistor. Komponen ini adalah salah satu jenis dari resistor yang memiliki hambatan listrik dengan variasi yang perubahan hambatan listriknya selaras, dan perubahan suhu yang terjadi di sekitar atau yang ditangkap komponen ini.

Resistor memang memiliki guna yang kurang lebih sama. Tapi satu hal yang membedakan resistor dengan thermistor adalah tingkat sensitifitasnya. Thermistor jauh lebih sensitif daripada resistor biasa. Hal itu yang membuat thermistor dipakai pada beberapa perangkat elektronik, seperti AC.

Selain sebagai penghambat listrik, thermistor ini juga bisa menjadi komponen pasif di dalam sebuah rangkaian elektronika. Thermistor ini terbilang murah, entah merek apapun dan juga sangat akurat serta memiliki ketahanan yang baik dalam mengukur suhu.

Tapi thermistor tetap memiliki sebuah kekurangan. Salah satu kekurangan yang paling terlihat dari thermistor ini adalah ia tidak mampu bekerja secara maksimal di dalam suhu yang terlampau panas atau di dalam suhu yang terlalu dingin.

Meski begitu, tetap banyak perangkat elektronik yang menggunakan thermistor karena mereka membutuhkan pembacaan suhu yang tepat. Seperti misalnya Termostat, pengukur suhu di dalam mesin mobil, pengendali suhu di dalam baterai isi ulang, hingga penggunaannya pada lemari es dan AC.

Aplikasi thermistor pada pengatur suhu ruang

Cara Kerja Thermistor

Thermistor ini sangat dipengaruhi oleh resistansi dari sebuah perubahan suhu. Resistansi dari thermistor ini sendiri bisa diukur memakai ohmmeter. Thermistor kurang lebih bekerja sama seperti kulit Anda. Jika kulit tidak mengenakan kain, maka akan dengan mudah merasakan panas dan sebaliknya.

Semakin tinggi tingkat resistansi ataupun jenis resistansinya, maka ia akan semakin sensitif pada perubahan suhu. Sekecil apapun perubahan suhu yang terjadi pasti akan berefek pada thermistor. Begitu juga ketika resistansinya rendah, maka ia tidak akan bisa membaca perubahan suhu dengan baik.

Macam-Macam Thermistor

Thermistor ada dua macam, di antaranya adalah sebagai berikut:

NTC

Jenis yang pertama disebut dengan NTC. NTC sendiri adalah singkatan dari Negative Temperature Coefficient. Di dalam jenis NTC ini ketika suhu naik, maka resistansi turun. Lalu ketika suhu turun, maka resistensi juga akan ikutan naik.

Karena itulah suhu dan juga resistansi pada thermistor jenis ini terbalik. Meski begitu jenis ini merupakan jenis thermistor yang paling sering dipakai dalam sebuah alat listrik.

PTC

Lalu ada PTC atau Positive Temperature Coefficient. Berbeda dengan NTC, di dalam jenis PTC yang satu ini hubungan suhu dan juga resistansi berbanding lurus. Jadi kalau suhu naik, maka resistansi juga ikutan naik. Kalau suhu turun, maka resistansi juga akan turun.

PTC ini tidak umum digunakan, namun biasanya PTC dipakai untuk melindungi sirkuit. Fungsinya jadi sama seperti sekering. Ia juga bisa bertindak sebagai pembatas arus. Jadi, kalau ada arus yang lewat, maka akan memunculkan pemanasan resistif dalam jumlah kecil.

Harga-Harga Thermistor

1. Samsung (Rp104.000,-)

Karena ini merek Samsung, maka thermistor yang dimiliki Samsung terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan thermistor merk AC yang lainnya. Tapi ada juga thermistor Samsung yang seharga Rp26.000,-. Soal kualitasnya, tentu kembali pada harganya.

Ada juga thermistor Samsung yang dijual dengan harga Rp50.000,-. Anda bisa mendapatkannya di di berbagai toko elektronik online maupun offline. Hanya tinggal memilih yang terbaik untuk AC yang Anda miliki.

2. Panasonic (Rp95.000,-)

Produk AC Panasonic juga memiliki thermistor sendiri. Jika Anda melakukan pencarian di e-commerce, maka rata-rata harga thermistor panasonic ada di angka Rp95.000,-. Jika dibandingkan dengan yang lain, termasuk mahal.

3. Sharp (Rp50.000,-)

Sharp cenderung memiliki thermistor dengan harga yang jauh lebih murah dari thermistor lainnya. Harga Rp50.000,- ini untuk thermistor yang dijual di beberapa online shop yang menjajakan dagangannya di e-commerce. Mungkin di toko lain harganya akan jauh lebih mahal atau malah sebaliknya.

4. Daikin (Rp78.000,-)

Terakhir pada jenis Daikin, tercatat di priceza, harga dari thermistornya mencapai Rp78.000,-. Kalau AC Anda Daikin, maka wajib menggunakan thermistor yang satu ini agar cocok dengan rangkaian alat elektronik Anda. Anda bisa menemukan thermistor Daikin ini di berbagai macam e-commerce atau toko-toko offline lainnya.  

Soal harga, thermistor ini tentu beragam. Tergantung pada ACnya. Tapi, Anda perlu memilih thermistor yang sesuai dengan ACnya. Karena setiap thermistor ini memiliki bentuk yang berbeda tergantung AC yang sedang digunakan. Jangan pilih thermistor LG untuk Samsung, karena tidak akan bekerja.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Produk Bisnis

Cara Reset iCloud dari Perangkat iPhone atau PC

Anda perlu menghapus informasi pribadi dari perangkat anda meskipun sudah tidak memilikinya lagi. Hal ini perlu anda lakukan sebelum menjual, menghibahkan atau menukarkan iPhone,...

Posted on by Karinov
Produk Bisnis

Tempat Pembuatan Stempel Pilihan di Semarang

Bagi perusahaan, instansi, organisasi dan perkumpulan lainnya, membuat stempel adalah salah satu bentuk manajemen administrasi yang harus dilakukan. Bisa dikatakan bahwa stempel...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam