[Panduan Lengkap] Cara Cek IMEI di Situs Resmi Kemenperin

Pada pertengahan April 2020, pemerintah menetapkan status IMEI harus legal pada semua gadget untuk mencegah masuknya produk black market. Ini cara tahu nya!


Karinov
@karinovcoid
[Panduan Lengkap] Cara Cek IMEI di Situs...

Untuk menekan adanya produk Black Market atau BM yang sangat merugikan negara, maka pada 18 April 2020 kemarin resmi menerapkan aturan IMEI ponsel. Kepanjangan dari IMEI sendiri adalah International Mobile Equipment Identity. Skema whitelist digunakan dalam aturan ini, yang mana seluruh masyarakat harus mengecek ponsel yang mereka miliki atau ingin dibeli berstatus resmi atau ilegal.

Sebenarnya aturan IMEI ini sudah disahkan oleh 3 kementerian yang ada yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Kominfo, dan Kementerian Perdagangan sejak 18 Oktober 2019. Aturan ini difungsikan guna memerangi dan menekan ponsel ilegal yang tidak terkena pajak sehingga harganya lebih murah. Untuk mengecek status ponsel Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Cek IMEI Pada Website Resmi Kemenprin

Berikut langkah sederhana untuk mengetahui legal atau tidaknya gadget Anda melalui situs IMEI.Kemenperin.go.id:

  1. Dapatkan nomor IMEI

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperoleh nomor IMEI ponsel Anda yang biasanya terdapat di bagian belakang ponsel. Selain itu juga dapat diperoleh melalui menu panggilan pada ponsel Anda dengan mengetikkan *#06# kemudian akan muncul nomor IMEI yang terdiri dari 14 hingga 16 digit seri nomor.

  2. Salin

    Salinlah nomor IMEI tersebut.

  3. Buka web IMEI Kemenperin

    Kunjungi website https://imei.kemenperin.go.id/ dan masukkan 14 hingga 16 digit nomor yang telah Anda peroleh sebelumnya pada kolom pengecekan IMEI.

  4. Lihat status IMEI

    Tunggu sampai situs Kemenprin memunculkan info mengenai status IMEI Anda.

  5. Cek legal atau tidak

    Apabila informasi yang ditunjukkan adalah IMEI terdaftar di database Kemenprin, maka ponsel milik Anda berstatus resmi. Sedangkan jika IMEI tidak terdaftar di database Kemenprin maka status ponsel Anda adalah ilegal atau diperoleh dari Black Market.

publikasi cek imei kemenperin by IndonesiaBaik
Publikasi cek IMEI Kemenperin by IndonesiaBaik

Fungsi Penting Nomor IMEI Pada Ponsel

Masyarakat seringkali mengabaikan nomor IMEI dari ponsel yang mereka miliki tanpa tahu apa fungsi sebenarnya dari nomor tersebut. Perlu diketahui bahwa nomor unik tersebut bukanlah nomor sembarangan dan seri angka yang dimiliki setiap ponsel pasti berbeda. Nomor IMEI dapat dikatakan bagian paling penting dari ponsel, berikut ialah ulasan mengapa nomor IMEI sangat penting.

Sebagai identitas ponsel

Apabila penduduk Indonesia memiliki tanda identitas diri berupa NIK yang tertera dalam KTP (Kartu Tanda Penduduk), maka sama halnya dengan ponsel yang memiliki nomor identitas yang ditunjukkan dengan nomor IMEI. Maka dari itu, apapun jenis ponselnya nomor IMEI sangat penting untuk diketahui.

Nomor IMEI juga menjadi pertimbangan saat Anda akan menjual ponsel yang dimiliki. Sebab calon pembeli yang cermat pasti akan mencocokkan nomor IMEI yang ada di ponsel dengan nomor IMEI yang tertera dalam kardus.

Dapat digunakan untuk mengecek garansi

Saat Anda ingin membeli ponsel baru secara online, nomor IMEI dapat Anda gunakan untuk mengecek masa garansi dari ponsel yang ingin Anda beli tersebut. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengecek kondisi ponsel tersebut dalam keadaan baru atau bekas.

Apapun jenis dan tipe ponsel yang akan Anda beli, entah iPhone atau Android tetap dapat dicek sisa masa garansi yang dimiliki. Anda dapat mengecek masa garansi tersebut melalui situs resmi mereka.

Dapat digunakan untuk melacak ponsel

Dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi saat ini, ponsel yang hilang dapat dilacak dengan menggunakan nomor IMEI. Akan tetapi, untuk melacak ponsel tersebut tidak dapat Anda lakukan sendiri. Cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi gerai operator seluler yang Anda gunakan.

Kemudian Anda dapat memberikan nomor IMEI ponsel dan nomor seluler yang digunakan pada ponsel Anda kepada petugas gerai operator. Selanjutnya keberadaan ponsel Anda yang hilang akan dilacak dan ditemukan berbekal nomor IMEI ponsel.

Memengaruhi baik buruknya sinyal ponsel

Dalam beberapa kasus sering terjadi hilangnya nomor IMEI, hal tersebut tentu tidak dapat dianggap sebagai sesuatu yang remeh. Sebab dapat memengaruhi fungsi dan kinerja dari ponsel tersebut. Satu hal yang pasti terjadi jika nomor IMEI hilang adalah ponsel tidak dapat menangkap sinyal. Dampaknya Anda tidak bisa melakukan komunikasi atau koneksi data menggunakan ponsel Anda.

Setelah membaca ulasan di atas apakah Anda sudah paham mengenai pentingnya nomor IMEI? Jadi segeralah untuk mengecek nomor IMEI Anda melalui situs resmi dari Kemenperin untuk mengetahui bahwa ponsel yang Anda miliki resmi atau ilegal.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Tutorial

Cara Mudah Pindah Hosting di Domain yang Sama

Beberapa dari Anda mungkin penasaran dengan cara pindah hosting di domain yang sama dengan memindah NS. Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap bagaimana cara-cara dan...

Posted on by Karinov
Tutorial

Cara Menghapus Konten URL Web di Pencarian Google

Walaupun sebagian besar pemilik situs menginginkan agar halamannya berada pada urutan teratas Google, namun adakalanya kita ingin menghapus laman dari hasil pencarian. Hal ini...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam