Cara Memilih Sirkulasi Kolam Renang yang Ideal

Penggunaan kolam sebagai fasilitas keluarga mulai hadir di rumah-rumah pribadi. Pelajari disini skema sirkulasi air yang bisa Anda pilih.


Karinov
@karinovcoid
Cara Memilih Sirkulasi Kolam Renang yang...

Kesalahan yang sering terjadi saat membangun kolam renang yaitu tidak memperhatikan sirkulasi kolam renang sehingga dapat menyebabkan tumpahnya air kolam ke area sekitar sehingga akan mengotori sekitarnya dan berenang menjadi tidak leluasa. Banyak yang hanya memperhatikan desain saja padahal sirkulasi air kolam renang memiliki peran yang penting.  

Sistem sirkulasi pada kolam renang bertujuan untuk menjaga agar air kolam tetap jernih dan bersih. Apabila sirkulasi kolam renang salah, rusak, atau tidak tepat, maka air kolam akan menjadi tidak sehat, cepat keruh, bahkan timbul lumut dan jamur yang menyebabkan air kolam menjadi sumber timbulnya penyakit. 

Air kolam yang berubah menjadi keruh dan kehijauan pada akhirnya akan membuat lantai dan dinding kolam menjadi cepat kotor. Apabila hal ini sampai terjadi, maka perawatan kolam renang akan menjadi lebih sulit bahkan membutuhkan biaya yang tinggi untuk membersihkannya. Tentu saja hal ini akan merugikan pemilik dan pengguna kolam renang. 

Sistem sirkulasi kolam renang dalam pembangunan kolam renang merupakan satu kesatuan dalam konstruksi, kelistrikan, dan pemipaan yang penting dalam kolam renang sehingga kolam renang dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Proses pembuatan kolam renang harus berdasarkan pertimbangan yang matang terutama sistem sirkulasi karena merupakan hal yang vital. 

Sistem Sirkulasi Kolam Renang

Dalam pembangunan kolam renang, terdapat 3 sistem sirkulasi kolam renang yang umum digunakan yaitu skimmer box, semi overflow, dan full overflow. Sistem ini dipilih berdasarkan posisi kolam renang dan juga luas lahan untuk kolam renang. 

1. Skimmer Box

Kolam renang pribadi tipe skimmer
Kolam renang pribadi tipe skimmer

Sistem sirkulasi ini cocok digunakan di rumah sehingga air dari kolam renang tidak akan tumpah kemana-mana dan mengotori area sekelilingnya. Hal ini karena sistem sirkulasi skimmer box hanya mengalir di dalam dinding kolam renang.

Air kolam tidak akan melebihi dan meluap dari kolam renang namun harus didukung dengan konstruksi dinding yang lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan air kolam. Sistem sirkulasi ini tidak membutuhkan bak penampung air atau yang disebut balancing tank namun memerlukan skimmer box ini. 

Skimmer box berfungsi untuk membersihkan kotoran di dalam air di mana kotoran akan masuk pada keranjang khusus kemudian air yang sudah terhisap akan jernih lagi. Skimmer box juga berfungsi sebagai penghubung selang penghisap dan pengaplikasian kaporit tablet.

2. Semi Overflow

Kolam renang sirkulasi semi-overflow
Kolam renang sirkulasi semi-overflow

Sistem sirkulasi semi overflow memungkinkan anda untuk mengkondisikan dan mengatur tumpahan air dari salah satu sisi kolam renang. Tumpahan air akan dialirkan pada sisi kolam renang namun disarankan untuk tetap melengkapi kebutuhan perlengkapan saran kolam renang seperti saluran penampung atau gutter yang juga dilengkapi dengan ruang mesin dan balancing tank. Jadi di sisi kolam memiliki selokan sebagai tempat pelimpahan air. 

Air kolam nantinya akan masuk ke selokan tersebut kemudian akan dialirkan ke bak penampungan air. Selanjutnya pompa akan menghisap air tersebut dan disaring hingga bersih. Setelah itu air akan melewati inlet fitting dan kembali ke kolam renang. 

3. Full Overflow

Kolam renang sistem full-overflow

Sistem sirkulasi full overflow mirip dengan semi overflow namun sirkulasi jenis ini memungkinkan air tumpah ke seluruh sisi kolam renang. Pada sisi yang terdapat tumpahan air, sistem full-overflow juga menggunakan gutter sebagai sarana penampung air tumpahan. Air yang telah ditampung pada gutter kemudian akan disalurkan ke balancing tank yang kemudian akan melewati proses filtrasi sehingga air tumpahan tersebut akan kembali ke dalam kolam renang. 

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Tutorial

Cara Cek Saldo dan Pencairan BPJS Ketenagakerjaan [2020]

Seperti yang sudah umum diketahui, BPJS memiliki dua program utama, salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai dengan namanya, program ini memberikan perlindungan kepada...

Posted on by Karinov
Tutorial

Cara Mudah Pindah Hosting di Domain yang Sama

Beberapa dari Anda mungkin penasaran dengan cara pindah hosting di domain yang sama dengan memindah NS. Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap bagaimana cara-cara dan...

Posted on by Karinov

Berlangganan via Email

We don't have any time for drama, stupidity and fake people. You can count on me.

Don't worry, we hate spam