Bisnis

Tujuan Riset Pemasaran [+Studi Kasus Indofood]

Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian dibidang pemasaran yang di lakukan secara sistematis. Maksud dari dilakukan secara sistematis adalah tindakan...

· 2 min read >
contoh riset pemasaran

Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian dibidang pemasaran yang di lakukan secara sistematis. Maksud dari dilakukan secara sistematis adalah tindakan yang dilakukan secara teratur dan konsisten, serta dapat dibuktikan kebenarannya. Dalam melakukan riset pemasaran, dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengelolaan data, dan interpretasi hasil penelitian.

Daftar isi: Tujuan riset pemasaran, Obyektif, Analisis pasar, Efektivitas iklan, Menyusun rencana pemasaran, Contoh aplikasi riset

Tujuan Riset Pemasaran

Hasil dari riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar. Dalam beberapa permasalahan, beberapa orang melakukan riset pemasaran dengan tujuan untuk mencapai target yang telah ditentukan. Berikut ini beberapa tujuan adanya riset pemasaran :

1. Mendapatkan Informasi Yang Akurat Secara Obyektif

Informasi dapat dikatakan akurat apabila dapat memberikan informasi sesuai dengan fakta yang ada. Untuk mendapatkan informasi yang akurat ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu sumber informasi, yang berasal dari berbagai macam sumber, sumber informasi tersebut harus akurat.

Yang kedua, kesesuaian antara kebutuhan informasi dengan informasi yang dicari. Jika sumber informasi yang kita dapatkan sudah akurat, tetapi informasi yang kita dapatkan menjadi tidak akurat. Hal ini bisa terjadi karena adanya miss understanding antara kebutuhan informasi kita dengan informasi yang kita cari.

Yang terakhir, proses pemindahan informasi dari sumber ke penerima. Proses ini dapat dilakukan melalui melihat, membaca, mendengarkan, atau merasakan. Jadi, untuk mendapatkan informasi yang akurat, masing-masing fungsi harus berjalan dengan baik sehingga dapat menjelaskan secara obyektif kenyataan yang ada.

contoh riset pemasaran
Pentingnya perusahaan besar melakukan riset pemasaran

2. Untuk Menganalisis Pemasaran

Dalam melakukan riset analisis ini dapat membantu dalam memperhitungkan potensi dasar untuk produk, jasa atau usaha baru. Selain itu, dapat memberikan informasi mengenai tentang kondisi pasar, calon pelanggan, analisa produk, lokasi usaha, tren konsumsi dan pesaing. Analisis pemasaran juga mengevaluasi ketepatan pemasaran yang dijalankan dengan target yang diharapkan.

3. Untuk Menganalisis Tanggapan Pasar Terhadap Suatu Produk Atau Jasa

Maksud dari analisis ini adalah untuk memperhitungkan potensi produk atau jasa di pasar. Pemilihan potensi pada produk merupakan bagian yang penting. Pembeli akan membeli suatu produk jika memang merasa tepat untuk membeli produk yang bersangkutan. Pengkajian ini bisa dilakukan sebelum suatu produk diperkenalkan.

4. Untuk Menganalisis Efektivitas Iklan Atau Promosi

Dalam riset ini membantu pemilik perusahaan untuk menyeleksi media periklanan yang paling efektif dan paling cost-effective. Periklanan yang efektif dapat mengubah pengetahuan publik mengenai ketersediaan dan karakteristik beberapa produk. Dalam permintaan produk akan sangat dipengaruhi oleh aktivitas periklanan atau promosi.
Keberhasilan dalam sebuah iklan atau promosi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terhadap suatu produk atau jasa. Dalam pencapaian keberhasilan tujuan promosi tersebut akan membutuhkan tindakan yang berkesinambungan dan tepat sasaran.

5. Untuk Menyusun Perencanaan Strategi Pemasaran

Pengkajian perencanaan strategis bertujuan untuk melacak pertumbuhan atau kemerosotan pasar-pasar yang sudah ada. Selain itu, untuk membantu menemukan produk atau jasa apa yang akan sukses dalam pasar tersebut. Strategi pemasaran ini sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran.

Selain sebagai dasar, strategi ini adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam kondisi persaingan. Setelah kita membahas tentang tujuan adanya riset pemasaran, berikut ini adalah contoh pengaplikasian dari riset pemasaran :

Contoh Pengaplikasian Riset Pemasaran Pada PT. Indofood

PT Indofood merupakan salah satu perusahaan yang sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh alm. Sudono Salim dengan nama awal Panganjaya Intikusuma. Pada tahun 1994 perusahaan ini berganti nama menjadi Indofood.

Pada saat bersamaan, Hendy Gunawan direktur pemasaran saat itu melakukan peninjauan strategi pemasaran. Performa perusahaan yang menjadi salah satu yang dievaluasi adalah produk dari mie instant.

Mempertahankan kondisi leader sangat penting bagi indofood, dalam memperlancarkan penetrasi produk yang kuat dan didukung oleh kontrol distribusi yang ketat.

Harga menjadi faktor terpenting, karena kebanyakan produknya merupakan kebutuhan pangan sehari-hari konsumen. Usaha pemasarannya dilakukan melalui iklan di media massa dan sponsorship pada event. Untuk membantu perusahaan merespon secara efektif pergerakan tren, saat itu Indofood mengembangkan tim riset dengan mempekerjakan sebanyak 60 orang.

Dalam kemasannya, Indofood memiliki departemen untuk mendesain kemasannya sendiri. Pada tahun 1994, Indofood berhasil menjadi produsen terbesar di dunia yang pangsa pasar sebesar 90% di Indonesia. Sampai saat ini Indofood juga merupakan salah satu perusahaan yang produknya dikenal masyarakat Indonesia. Indofood juga berhasil menguasai pasar ekspor dengan sejumlah produknya.

Itulah beberapa ulasan mengenai tujuan dari adanya riset pemasaran serta contoh aplikasinya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua dalam melakukan riset pemasaran.

Written by Editorial Staff
Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya. Profile
cara kerja pemasaran online

Cara Kerja Pemasaran Online

Editorial Staff in Bisnis
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *