Pendidikan

Ini 5 Website Belajar Online Gratis dari Pemerintah dan NGO


Merebaknya virus korona di Indonesia membuat pemerintah harus mengambil tindakan tegas demi memutus mata rantai penularan virus tersebut. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membuat kebijakan belajar di rumah untuk para pelajar. Sistem belajar jarak jauh juga diterapkan agar siswa tidak ketinggalan pelajaran.

Selain mengikuti pembelajaran online dengan guru di sekolah, Anda juga bisa mengunjungi berbagai situs belajar online demi memperdalam materi pelajaran. Cara ini sangat efektif diterapkan selama social distancing sehingga waktu Anda tidak terbuang percuma. Yang tak kalah penting, situs-situs tersebut gratis sehingga bisa diakses oleh siapa saja.

5 Situs Bimbel Online Gratis

Rumah Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan sebuah situs belajar online yang bisa diakses secara gratis. Situs ini dapat digunakan oleh peserta didik maupun pendidik di berbagai jenjang, mulai dari PAUD hingga SMA/SMK. Tersedia berbagai fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan seperti buku sekolah elektronik, bank soal, kelas maya, laboratorium maya, hingga pengembangan keprofesian.

Terdapat pula fitur pendukung seperti karya bahasa dan sastra, karya guru, dan karya komunitas. Sayangnya, Rumah Belajar kurang populer di kalangan peserta didik. Kurangnya sosialisasi dari pemerintah menjadi salah satu penyebab minimnya kunjungan ke website ini. Jika Anda berminat, silahkan kunjungi situs Rumah Belajar melalui https://belajar.kemdikbud.go.id.

DuoLingo

Bagi Anda yang ingin mempelajari berbagai bahasa asing di seluruh dunia, DuoLingo adalah situs belajar yang tepat. Situs ini menyediakan beragam video atau streaming sehingga Anda dapat belajar secara langsung bersama penutur asli. Anda bisa memperhatikan logat yang digunakan serta cara pengucapan kata dalam bahasa asing tersebut.

Agar lebih menantang, DuoLingo juga menyediakan latihan menerjemahkan, membaca, serta mendengar materi yang telah dipelajari. Ada pula latihan soal berupa pilihan ganda yang disertai penilaian sehingga Anda bisa mengetahui jawaban benar atau salah. DuoLingo bisa diakses melalui https://id.duolingo.com/ atau diunduh melalui Play Store.

Bimbel SMARRT

Bimbel SMARRT merupakan situs belajar online yang secara khusus menyediakan pembelajaran sains. Anda bisa berbagai video untuk mata pelajaran sains seperti Matematika, Kimia, dan Fisika. Selain video materi belajar, Anda juga bisa memanfaatkan video pembahasan soal untuk memperdalam setiap materi yang disampaikan.

Video tutorial yang dihadirkan terbilang cukup sederhana dengan konsep yang menarik. Anda bisa memahami mata pelajaran sains dengan lebih mudah sehingga diharapkan Anda bisa memperoleh nilai yang lebih baik saat Ujian Nasional maupun SBMPTN. Bimbel SMARRT bisa diunduh melalui Google Play Store.

Aku Pintar

Kegiatan belajar secara online juga bisa Anda lakukan melalui aplikasi Aku Pintar. Aplikasi pendidikan yang satu ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan pendidikan Anda, terutama bagi pelajar kelas XII yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. Terdapat beragam fitur seperti cari universitas, cari jurusan kuliah, hingga informasi mengenai program studi di kampus-kampus terbaik di Indonesia.

Aplikasi ini menyediakan video pembelajaran, latihan soal, serta pembahasan soal. Meskipun menawarkan fitur cari universitas, Aku Pintar dapat digunakan oleh pelajar dari jenjang SMP hingga SMA. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store.

Inibudi.org

Inibudi.org merupakan situs bimbel online yang menawarkan pembelajaran secara gratis. Website ini menghadirkan video pembelajaran untuk memperdalam materi pelajaran di sekolah. Pelajar dari berbagai jenjang, mulai dari SD hingga SMA bisa memanfaatkan situs yang satu ini.

Tunggu apa lagi? Jangan sia-siakan waktu Anda selama belajar di rumah. Segera akses situs belajar online di atas untuk menambah wawasan Anda. Selamat mencoba!

Pendidikan
Manfaat dan Pentingnya Pendidikan bagi Generasi Muda
Pendidikan
Pengumuman Pendanaan Proposal DIKTI 2019
Pendidikan
Belajar dari Akselerasi Pendidikan ala Sudan
There are currently no comments.